Pandemi COVID-19 Bikin Komunikasi Guru-Orang Tua Murid Lebih Baik

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikNews
Rabu, 14 Okt 2020 22:06 WIB
Pandemi COVID-19 membuat kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring guna mencegah virus Corona. Seperti apa aktivitas kuliah online di masa pandemi?
Ilustrasi. Foto: Pius Erlangga/Detikcom
Jakarta -

Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) Muhammad Ramli Rahim mengatakan komunikasi mempunyai peranan penting di dalam dunia pendidikan. Saat pandemi COVID-19 berlangsung, komunikasi antar murid, guru, dan orang tua justru semakin intensif sehingga timbul pandangan baru.

"Kata kuncinya adalah komunikasi. Jadi komunikasi antara orang tua dengan guru di masa pandemi ini, jauh lebih baik daripada sebelum ada pandemi. Hal ini karena ada keterpaksaan untuk terbangunnya komunikasi, di mana anak belajar dari rumah. Sehingga koordinasi antara orang tua dengan guru itu berjalan dengan sangat baik," ujar Ramli, dalam webinar 'Samsung Mobile Business Insight: The Next Normal Reshaping the Future Education', Rabu (14/10/2020)

Ramli mengatakan sebelum masa pandemi, jarang ditemukan adanya group WhatsApp antara guru atau orang tua. Namun, sekarang ini hampir semua sekolah dan semua kelas sudah memiliki group WhatsApp yang mana terdapat guru, orang tua, dan bahkan siswa di dalam satu group.

"Itulah hikmahnya dari COVID-19 sebenarnya. Jadi kita melihat bahwa komunikasi dulu menjadi sebuah masalah. Yang kemudian menimbulkan kekerasan di sekolah seperti kekerasan guru terhadap siswa, siswa terhadap guru, kemudian orang tua terhadap guru. Itu semua karena problem komunikasi," ujarnya.

Menurut Ramli, pandemi COVID-19 ini itu membuat komunikasi menjadi lebih baik dengan adanya komunikasi intensif antara guru dengan siswa. Guru juga bisa menyampaikan ke orang tua dengan mudah masalah yang dialami oleh anak didik mereka, ketika mereka menghadapi anak didik itu secara di dunia maya.

"Orang tua juga bisa menyampaikan dengan mudah ke gurunya jika ada masalah di rumah yang terlihat dengan siswanya. Bahkan sekarang orang tua bisa tahu apa yang diajarkan ke anak-anaknya," ujarnya.

Ramli mengatakan saat ini orang tua juga sudah bisa tahu apa yang diajarkan oleh sang guru. Jika memang ada yang tidak sesuai, orang tua bisa langsung menyampaikannya kepada gurun mengenai apa yang diajarkan.

"Komunikasi itu terjalin dengan adanya COVID-19. Ini satu hal yang harus kita ambil hikmahnya dengan adanya pandemi ini. Meskipun kita tidak sama-sama mengharapkan adanya pandemi ini," pungkasnya.

Sebagai informasi, melalui webinar 'Samsung Mobile Business Insight: The Next Normal Reshaping the Future Education' Samsung mengedukasi masyarakat untuk melihat masa depan dunia pendidikan dengan integrasi teknologi. Webinar ini pun memberikan pandangan-pandang baru seputar dunia pendidikan di masa pandemi oleh para narasumber yang kredibel.

(prf/ega)