Ini Hasil Survei KedaiKOPI soal Kinerja Jokowi-Menteri Tangani COVID-19

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 14 Okt 2020 17:26 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat soal pusat data nasional
Foto: Andhika/detikcom
Jakarta -

Lembaga survei KedaiKOPI melakukan survei terkait opini publik terhadap penanganan COVID-19 oleh pemerintah. Salah satu yang disorot yaitu terkait kepuasan pada kinerja menteri-menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Survei ini dilakukan dengan metode telesurvei di wilayah DKI Jakarta pada tanggal 8 hingga 10 Oktober 2020. Jumlah responden sebanyak 803, dengan populasi pekerja kantor di Jakarta dengan usia di atas 17 tahun.

Dalam survei, responden diberikan pertanyaan dan diminta menilai berdasarkan skala 1-10. Pertanyaan yang diajukan yaitu, 'Berdasarkan skala 1-10, berikan angka kepuasan Anda terhadap kinerja menteri-menteri berikut pada masa pandemi COVID-19?'

Berdasarkan hasil survei, kinerja Menteri BUMN Erick Thohir mendapatkan apresiasi tertinggi di mata publik dengan nilai 5.9. Sedangkan Menteri Koordinator PMK, Muhadjir Effendy mendapat nilai merah dari publik dengan nilai 4.97.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo mengatakan kepuasan publik terhadap kinerja Erick Thohir tinggi. Menurutnya, hal ini membuktikan kinerja Erick dipercaya publik untuk menangani masalah pandemi.

"Kepuasan terhadap kinerja Menteri BUMN yang merangkap sebagai Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19, Erick Thohir selama masa pandemi cukup tinggi di mata pekerja urban Jakarta ini membuktikan bahwa publik masih memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap kinerja Erick Thorir untuk bisa menangani dan mengatasi pandemi ini," ujar Kunto Adi, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/10/2020).

Sementara itu, Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto yang juga menjabat Ketua Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional mendapatkan nilai 5,22, Menko Kemaritiman dan Investasi yang menjabat sebagai Wakil Ketua I Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Luhut Panjaitan mendapatkan nilai 5,15. Sedangkan Menko Polhukam Mahfud MD yang menjadi Wakil Ketua II Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional mendapat nilai 5,64.

Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro yang bertanggungjawab atas pembuatan vaksin Merah Putih mendapatkan nilai 5,33. Kunto menyebut, nilai tinggi untuk Bambang memberikan gambaran dukungan dan harapan warga untuk vaksin COVID-19.

"Harapan dan optimisme publik yang besar terhadap vaksin Merah Putih memberikan keuntungan dan sekaligus tantangan bagi Menristek. Publik sangat berharap dan mendukung vaksin ini bisa menjadi end game bagi persoalan pandemi COVID-19 di Indonesia," tutur Kunto.

Dalam survei, KedaiKOPI juga menanyakan kenayamanan publik pada kinerja Jokowi selama masa pandemi. Hasilnya sebanyak 62.6 persen publik merasa nyaman, dan 37,4 persen tidak nyaman.

Berikut 5 menteri yang mendapatkan nilai tertinggi, berdasarkan survei KedaiKOPI:


1. Menteri BUMN Erick Thohir, 5.90

2. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat: Basuki Hadimuljono, 5.88

3. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, 5.79

4. Menteri Luar Negeri Retno Lestari Marsudi, 5.71

5. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, 5.64


Sedangkan 5 menteri dengan nilai terendah yaitu:


1. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, 5.12

2. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, 5.08

3. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, 5.02

4. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, 5.00

5. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhajir Effendy, 4.97

Simak juga video 'Jokowi: Jatim-Sulsel Tunjukkan Perbaikan Pengendalian Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/hri)