Pendapatan Turun, Pemkot Bogor Gaet Swasta untuk Geber Pembangunan

Yudistira Imandiar - detikNews
Rabu, 14 Okt 2020 12:43 WIB
Pemkot Bogor
Foto: Pemkot Bogor
Jakarta -

Pendapatan Kota Bogor menurun akibat pandemi COVID-19. Untuk menyiasati kondisi tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memberdayakan bantuan dana dari pihak swasta untuk menjalankan program pembangunan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Syarifah Sofiah memaparkan, kehadiran Forum CSR Kota Bogor yang dibentuk tahun 2018, membantu menjembatani Pemkot Bogor dengan perusahaan yang ingin memberikan bantuan kegiatan pembangunan kota lewat program CSR.

Syarifah pun telah berdiskusi dengan Forum CSR Kota Bogor mengenai berbagai kegiatan yang dapat dikolaborasikan Pemkot Bogor dengan pihak swasta. Hal itu dibahas dalam rapat kerja di Balai Kota Bogor, Selasa (13/10/2020).

"Hari ini (Selasa, red) kami diskusi apa saja yang bisa dilakukan ke depan karena Pandemi COVID-19 membuat pendapatan Kota Bogor menurun sehingga harus ada pendanaan dari non-APBD untuk pembangunan di Kota Bogor," jelas Syarifah dalam keterangan tertulis, Rabu (14/10/2020).

Syarifah mengatakan sumber pendanaan kota tidak hanya berasal dari APBD atau APBN. Menurutnya, sebuah kota dibangun secara bersama-sama oleh masyarakat, swasta, dan pemerintah. Ia memandang keberadaan Forum CSR Kota Bogor sangat membantu perusahaan yang ingin membangun Kota Bogor melalui CSR.

"Walaupun perusahaan banyak yang juga terdampak COVID-19, tetapi banyak juga yang mau peduli bersama-sama membangun Kota Bogor," ulas Syarifah.

Syarifah menyampaikan di akhir tahun ini pihaknya bersama Forum CSR akan mencoba menyusun perencanaan kegiatan yang termasuk program Wali Kota Bogor atau kebutuhan Pemerintah Kota Bogor. Dikatakan Syarifah, paket kegiatan tersebut nantinya bisa diikuti keterlibatan individu dan perusahaan.

"Kami akan menyusun materi atau rencana kegiatan dulu yang akan ditawarkan ke perusahaan. Setelah COVID-19 sudah selesai kita bisa langsung bergerak," kata Syarifah.

Ketua Forum CSR Kota Bogor Erik Suganda menambahkan Forum CSR Kota Bogor menawarkan kegiatan-kegiatan yang tidak tercover APBD ke perusahaan di Kota Bogor. Erik menguraikan ada beberapa kendala yang dihadapi Forum CSR, salah satunya beberapa perusahaan sudah mempunyai binaan yang diberikan CSR.

"Jadi kami Tim Forum CSR dan Tim fasilitator Bappeda sepakat membuat atau memilih lima sampai sepuluh program unggulan yang bisa terlihat hasilnya untuk Kota Bogor yang nantinya akan kami tawarkan ke perusahaan di Kota Bogor atau Jawa Barat," ulas Erik.

(mul/mpr)