Cawagub Jambi Safril Nursal Janji Gaji Guru Honorer Setara ASN

Ferdi Almunanda - detikNews
Selasa, 13 Okt 2020 20:42 WIB
Cawagub Jambi petahana Safril Nursal saat kunjungi warganya di kampanye Pilgub Jambi 2020.
Cawagub Jambi petahana Safril Nursal saat mengunjungi warganya di kampanye Pilgub Jambi 2020 (Foto: Istimewa)
Jambi -

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Fachrori-Safril Nursal, berjanji meningkatkan kesejahteraan guru honorer. Mereka berjanji akan menggaji honorer setara dengan aparatur sipil negara (ASN).

"Kemarin malam, saya berdiskusi terkait honorer, ternyata posisi honorer di Jambi saat ini ada 11 ribu, dan itu yang perlu kita perhatian. Maka ke depan, kita sudah menyiapkan program agar kepentingan dan kesejahteraan tenaga honorer bisa terangkat. Salah satunya dengan program Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang gajinya setara dengan guru dengan status ASN," kata cawagub petahana Jambi, Safril Nursal, saat mengunjungi warga Desa Pijoan, Kecamatan Jaluko, Kabupaten Muaro Jambi, Selasa (13/10/2020).

Menurut pasangan calon nomor urut 2 ini, mereka tidak ingin melihat tenaga honorer selalu dalam kondisi tertinggal. Untuk itu, meningkatkan upah dianggap bisa menyelesaikan masalah.

"Ini kita lakukan karena kita sangat concern dengan persoalan honorer, bahkan tenaga honorer di dunia pendidikan di Jambi. Tidak ada yang boleh tertinggal. Maka ini akan menjadi perhatian kita. Lalu apa upaya yang kita lakukan? Yang kita lakukan bagaimana mereka akan masuk dalam Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Perja," ujar Safril.

Sementara salah seorang tenaga honorer di Jambi, Kartono, menyampaikan curahan hatinya kepada paslon petahana tersebut. Kartono mengaku sebagai tenaga honorer yang sudah mengabdi selama 26 tahun di salah satu sekolah di Muaro Jambi.

"Saya sudah 26 tahun jadi honorer pak. Saya mohon agar Bapak Syafril Nursal ikut memperhatikan nasib kami ini. Semoga niat Bapak yang juga program kerja Bapak yang baik ini dapat terwujud yang kami tentu sangat begitu senang," ucap Kartono.

(aik/aik)