Usai 3 Hari Banjir di Ciganjur Surut, Camat Jagakarsa Ungkap Kendala

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 12 Okt 2020 22:06 WIB
Banjir di Ciganjur telah surut (Tiara Aliya/detikcom)
Banjir di Ciganjur telah surut (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Banjir melanda permukiman warga di Ciganjur, Jakarta Selatan (Jaksel), akhirnya surut. Banjir sempat menggenang selama tiga hari karena terkendala beberapa hal.

Pantauan detikcom, Senin (12/10/2020), per pukul 21.00 WIB, banjir berhasil ditangani setelah petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) berhasil menyingkirkan reruntuhan longsor dari anak sungai. Sebanyak dua ekskavator kini masih bekerja menyingkirkan puing-puing sisa longsoran.

Ekskavator tersebut mengangkat berbagai macam material longsor, seperti beton, tanah-tanah, tanaman, hingga kasur, yang hanyut ke sungai. Selain itu, ada satu unit ekskavator yang sedang diistirahatkan di depan jalan aspal.

Terlihat hanya ada sisa-sisa lumpur bekas banjir di sepanjang jalanan permukiman warga. Di sisi lain, masih ada genangan air setinggi 5 cm di gang kecil yang tanahnya menurun.

Camat Jagakarsa Alamsyah mengatakan akses jalan yang sempit menyebabkan alat berat sulit menuju lokasi longsor. Akhirnya, petugas pun memilih menyedot air menggunakan pompa apung yang lebih mudah dioperasikan.

Banjir di Ciganjur telah surut (Tiara Aliya/detikcom)Ekskavator mengangkut material longsoran (Tiara Aliya/detikcom)

"Kendala yang pertama adalah sulitnya masuk alat berat, aksesnya, karena kalau kita pakai long arm itu jalan harus 12 meter, kalau nggak itu nggak bisa masuk. Nah ini kita ambil dengan Sudin Air adalah yang kecil-kecil dulu (pompa apung) yang bisa masuk karena prinsip air harus ngalir, kata gubernur, yang penting air ngalir dulu biar tidak ada banjir susulan tadi disampaikan juga," kata Alamsyah kepada wartawan di Ciganjur, Senin (12/10/2020).

Alamsyah mengatakan setelah longsor, saluran utama anak Kali Setu sempat tertutup material beton sehingga petugas pun berupaya melakukan penyodetan di saluran lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2