Jakarta Kembali PSBB Transisi, Penumpang KRL Naik 7% Tadi Pagi

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 12 Okt 2020 13:54 WIB
Sejumlah calon penumpang berjalan menuju KRL Commuter Line di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Senin (14/9/2020). Hari pertama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Total di wilayah Jakarta, suasana penumpang KRL Commuter Line di Stasiun Bogor terlihat lengang serta kapasitas pengguna hanya 50 persen dengan membatasi setiap gerbongnya hanya dapat diisi 74 penumpang. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/wsj.
ilustrasi (Foto: ANTARA FOTO/ARIF FIRMANSYAH)
Jakarta -

Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi hari ini. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mencatat adanya peningkatan jumlah penumpang sebesar 7% pagi tadi.

"Pada hari pertama masa PSBB Transisi ini, jumlah pengguna KRL hingga pukul 07.00 WIB tercatat 70.634 orang. Jumlah ini meningkat 7% dibandingkan waktu yang sama pada Senin pekan lalu," kata VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba melalui keterangan tertulis, Senin (12/10/2020).

Anne mengatakan ada tiga stasiun yang mengalami peningkatan jumlah penumpang, terbanyak di stasiun Bogor. Namun ada juga yang mengalami penurunan, salah satunya stasiun Rangkasbitung.

"Stasiun-stasiun yang mencatat kenaikan jumlah pengguna antara lain Stasiun Bogor (6.719 pengguna, naik 20% dibanding waktu yang sama pekan lalu), Stasiun Bekasi (3.817 pengguna, naik 6%), dan Stasiun Depok (3.312 pengguna, naik 10%). Meskipun demikian beberapa stasiun mencatat jumlah pengguna turun, misalnya Stasiun Rangkasbitung (2.262 pengguna, turun 5%)," tuturnya.

Anne menuturkan, PT KCI tetap mengoperasikan KRL seperti biasanya, yakni sebanyak 91 rangkaian dengan 933 perjalanan. Di masa penerapan PSBB transisi ini, pihaknya juga akan mengevaluasi perjalanan KRL agar dapat beroperasi dengan waktu operasional yang lebih leluasa.

"PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) hingga pagi hari ini tetap mengoperasikan 933 perjalanan KRL setiap harinya dengan 91 rangkaian kereta yang siap melayani para pengguna Commuter Line dengan mengutamakan protokol kesehatan. KCI masih mengevaluasi perjalanan KRL setelah wilayah DKI Jakarta kembali memasuki masa PSBB Transisi dan transportasi publik dapat beroperasi dengan jam operasional yang lebih leluasa," tuturnya.

Lebih lanjut, Anne menyampaikan situasi di setiap stasiun pagi tadi terpantau kondusif. Para pengguna KRL juga tetap menjaga jarak satu sama lain.

"Meskipun ada kenaikan, situasi di stasiun pada pagi hari ini relatif kondusif dengan antrean dan penyekatan yang diatur oleh petugas agar physical distancing di antara para pengguna tetap terjaga," imbuhnya.

(isa/isa)