Dishub DKI: Jumlah Pesepeda di Bundaran HI Turun Selama PSBB Ketat

Wilda Nufus - detikNews
Minggu, 11 Okt 2020 09:40 WIB
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo (Wilda Nufus/detikcom)
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo (Wilda Nufus/detikcom)
Jakarta -

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengklaim jumlah pengguna sepeda yang berolahraga di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, menurun. Hal ini terjadi selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat diberlakukan di Ibu Kota.

"Iya alhamdulillah hari ini untuk pengguna jalur sepeda sementara situasinya kondusif, kemudian jumlah warga yang beraktivitas juga sepertinya sadar bahwa kita hari ini masih berada di tengah-tengah PSBB sehingga jumlahnya tidak seperti jumlah pada saat minggu-minggu yang lalu," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (11/10/2020).

"Kita pantau sejak pagi, kami perhatikan kepadatan pesepeda cukup turun. Artinya bahwa tidak ada kepadatan-kepadatan di titik-titik tertentu yang menimbulkan kerumunan ataupun warga yang berkelompok begitu banyak di titik-titik tertentu," imbuhnya.

Situasi Bundaran HI, Minggu (11/10/2020) pagi masih dipadati warga yang berolahraga.Situasi Bundaran HI, Minggu (11/10/2020) pagi, masih dipadati warga yang berolahraga. (Wilda Nufus/detikcom)

Syafrin tak memungkiri para pesepeda masih tetap memadati Bundaran HI meski kawasan khusus pesepeda (KKP) ditiadakan selama PSBB ketat. Hal ini terjadi, kata Syafrin, karena pihaknya masih membuka jalur sepeda sementara untuk warga agar bisa dilalui sebagai sarana transportasi.

"Jadi untuk kawasan khusus pesepeda memang selama PSBB kami tiadakan, kenapa? karena pada saat PSBB itu tidak ada penutupan jalan untuk kawasan khusus pesepeda. Namun untuk jalur sepeda sementara tetap kami buka, kenapa? Karena jalur sepeda sementara ini adalah jalur yang digunakan oleh masyarakat bersepeda apakah itu sepeda sebagai alat transportasi ataupun sebagai alat olahraga," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, masa PSBB ketat DKI Jakarta berakhir hari ini. Kawasan Bundaran HI masih saja ramai dipadati warga untuk berolahraga meski kawasan khusus pesepeda ditiadakan.

Pantauan detikcom, sekitar pukul 07.00 WIB, kawasan ini masih ramai pesepeda dan pelari. Pesepeda tampak lebih mendominasi dan melintas dari segala arah.

Tonton juga 'Hari Terakhir PSBB Ketat DKI, Bundaran HI Ramai Warga':

[Gambas:Video 20detik]

(isa/isa)