Sempat Hilang Kontak, Jurnalis Peliput Demo Ternyata Diamankan Polda Metro

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 09 Okt 2020 17:57 WIB
Adian Napitupulu Jenguk Pendemo di Polda Metro Jaya
Adian Napitupulu saat Jenguk Pendemo di Polda Metro Jaya (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta -

Seorang jurnalis merahputih.com bernama Ponco Sulaksono sempat hilang kontak saat meliput aksi demo menolak omnibus law Undang-Undang (UU) Cipta Kerja. Ponco ternyata saat ini berada di Polda Metro Jaya.

Keberadaan Ponco di Polda Metro Jaya ini disinggung oleh anggota Komisi VII, Adian Napitupulu yang menyambangi Polda Metro Jaya, Jumat (9/10/2020), sekitar pukul 14.00 WIB. Adian mengaku dirinya sudah bertemu dengan Ponco. Ponco dipastikan selamat.

"Iya gue ketemu tadi, gue cuma pastikan dia ada di situ, dia selamat," kata Adian saat dihubungi.

Adian mengatakan, kondisi Ponco memang dalam keadaan yang sehat hari ini. Meski begitu dia menyinggung tidak boleh ada lagi kekerasan terhadap jurnalis dari aparat.

"Harusnya memang entah bagaimana peristiwanya, tapi kekerasan itu tidak boleh terjadi, gue tidak tahu siapa pelakunya, karena tadi tidak sempat ngobrol dengan Ponco secara detail, gue lihat dia ya sehat segala macam sudah senang begitu," ucapnya.

Adian mendapat kabar jurnalis Ponco mendapatkan perlakuan tidak baik dari aparat kepolisian ketika bertugas meliput. Dia juga mendapatkan penjelasan dari polisi yang kesulitan identifikasi jurnalis ketika malam hari.

"Kalau menurut gue tadi gue nggak bicara detil tentang Ponco lukanya didapat di mana, dalam bentuk apa, tapi ya melihat memang, gue tanya juga ke polisi, dan polisi menjelaskan juga 'sering kali Pak kita sulit melakukan identifikasi', dan (polisi) minta seluruh wartawan kalau bisa pakai rompi dengan tulisan besar PERS karena situasi malam segala macam. itu dijelaskan ke gue," ucapnya.

Aktivis 98 ini pun meminta agar jurnalis yang merasa diperlakukan tidak baik oleh polisi saat demonstrasi untuk menempuh jalur hukum.

"Kalau kemudian terbukti adanya unsur kekerasan dan sebagainya bisa saja di-praperadilan-kan, banyak cara, tetapi menurut saya itu proses nanti tergantung temen-temen yang merasa apa harus dilanjutkan dan sebagainya," ujar Adian.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus memastikan saat ini Ponco memang berada di Mapolda Metro Jaya. Dia juga mempersilakan jurnalis yang merasa diperlakukan tidak baik saat demonstrasi kemarin untuk melapor ke Propam Mabes Polri.

"Bikin laporan ke Propam Mabes ya," ujar Yusri.

Sebelumnya diberitakan, seorang jurnalis bernama Ponco Sulaksono hilang kontak saat meliput aksi demo menolak omnibus law Undang-Undang (UU) Cipta Kerja. Ponco, yang merupakan jurnalis merahputih.com, sempat tidak diketahui keberadaannya hingga tengah malam.

Dari keterangan pers yang didapat, keberadaan Ponco belum diketahui hingga pukul 23.30 WIB, Kamis (8/10/2020). Posisi terakhir Ponco diketahui di sekitar Gambir, Jakarta Pusat.

"Terakhir Ponco Sulaksono mengirim berita melaporkan situasi demo penolakan UU Omnibus Law di kawasan Gambir ke redaksi 15.14 WIB. Beberapa saksi yang memberikan informasi, saat terjadi bentrokan antara massa dengan aparat sore tadi, Ponco Sulaksono diamankan saat berada di Gambir, Jakarta Pusat," demikian bunyi keterangan pers dari redaksi merahputih.com, Kamis (8/10/2020).

(maa/mei)