Adian Napitupulu ke Polda Metro, Pastikan Penangkapan Pendemo Sesuai SOP

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 09 Okt 2020 15:43 WIB
Adian Napitupulu Jenguk Pendemo di Polda Metro Jaya
Adian Napitupulu menjenguk pendemo di Polda Metro Jaya. (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi VII dari Fraksi PDIP Adian Napitupulu menyambangi Polda Metro Jaya. Adian ingin memastikan penangkapan para pendemo yang dilakukan kepolisian sudah sesuai dengan prosedur.

"Saya datang kemari karena mendengar dari cerita teman-teman, ada yang ditangkap dan saya pikir saya harus memastikan bahwa semua prosedur berjalan dengan baik, proses penahanan, pengamanan, interogasi, dan sebagainya harus sesuai prosedur hukum," kata Adian kepada wartawan di Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, Jumat (9/10/2020).

Adian juga ingin memastikan seluruh pendemo diberi pendampingan hukum dan terjamin protokol kesehatannya. Menurutnya, protokol itu sudah dilakukan.

"Saya juga harus pastikan semua yang diproses harus didampingi kuasa hukumnya. Lalu, karena ini situasi COVID, ini harus pastikan juga di dalam situ semua di-rapid atau tidak," ucapnya.

Selain itu, Adian menyebut telah memeriksa kondisi sejumlah pendemo yang diamankan. Dia meminta polisi menghargai hak-hak para pendemo.

"Kita belum lihat semua, tapi paling tidak kehadiran saya ini menyampaikan pesan bahwa kita DPR akan memperhatikan proses ini. Artinya, sebagai tugas kita mengawasi pemerintahan, harusnya hal itu bisa dilakukan lebih baik," ujarnya.

Namun mantan aktivis 1998 itu menyayangkan lantaran mendapatkan kabar adanya tindakan represif kepolisian yang berlebihan, salah satunya kepada jurnalis peliput demo. Dia meminta ini tidak terulang kembali.

"Nah, itu yang harus dipastikan, situasi di lapangan ini kadang kala sulit untuk mengkonfrontir profesi dan sebagainya. Nah, menurut saya, berikutnya ini tak boleh terulang," imbuhnya.

(maa/mea)