Massa Coreti Tembok Gedung Kedubes AS dengan Umpatan ke DPR

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Kamis, 08 Okt 2020 18:35 WIB
Tembok Gedung Kedubes AS dicoret massa (Foto: Luqman/detikcom)
Tembok Gedung Kedubes AS dicoret massa. (Luqman/detikcom)
Jakarta -

Gedung Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Jakarta Pusat ikut terimbas demo. Massa mencoret-coret tembok pagar gedung Kedubes AS.

Pantauan detikcom, pukul 18.00 WIB, Kamis (8/10/2020), tembok pagar yang mengelilingi gedung Kedubes AS, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, tampak penuh coretan. Coretan-coretan itu sebagian besar berupa umpatan ke DPR, termasuk ke Ketua DPR Puan Maharani.

Polisi tampak membuat barikade di depan gedung Kedubes. Mereka berusaha menghalau massa yang ingin kembali ke kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya.

Massa yang sebelumnya dibubarkan dari Patung Kuda itu pun tampak mundur ke arah Stasiun Gambir. Kericuhan masih berlangsung. Massa tampak melempari petugas dengan batu. Mereka bahkan melempar petasan ke arah petugas.

Saat ini, kericuhan masih terjadi di beberapa titik. Titik kericuhan itu ada di Tugu Tani, Jalan Harmoni, depan Sarinah Thamrin, dan Bundaran HI.

Sejumlah fasilitas umum dan gedung kementerian juga rusak. Halte TransJakarta Bundaran HI dan Halte TransJakarta Sarinah pun dibakar massa.

(mae/fjp)