Luhut Minta Protokol Kesehatan Diawasi Aplikasi, Pemprov DKI: Kita Siap

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Selasa, 06 Okt 2020 16:35 WIB
Wagub DKI Ahmad Riza Patria (Wilda-detik)
Wagub DKI Ahmad Riza Patria (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta penerapan protokol kesehatan diawasi lewat aplikasi dan Pemprov DKI akan menjadi model pertama. Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria menyatakan pihaknya sudah menyiapkan aplikasi yang dimaksud.

"Ya Jakarta sudah menyiapkan aplikasi, semuanya kita pakai aplikasi melalui JAKI (Jakarta Kini) ya, aplikasi kita CLM (Corona Likelihood Metric) sudah ada," kata Ariza di U Stay Mangga Besar, Jln. Kartini Raya, Sawah Besar, Jakarta Barat, Selasa (6/10/2020).

Ariza menyebut Pemprov DKI sudah menyiapkan aplikasi JAKI dan CLM untuk pengawasan protokol kesehatan. Aplikasi tersebut, sebut Ariza, selama ini juga memudahkan Pemprov DKI dalam hal melacak kontak pasien Corona.

"Aplikasinya sudah mulai kita semua aplikasi. Semua keluar orang masuk, semua yang OTG, semua kita sistem kita by digital, sistem di DKI semua sudah digital, sudah menggunakan IT sejak awal dan ini memudahkan kita melakukan contact tracing, treatment, dan testing," ujar Ariza.

Sebelumnya Luhut Binsar Pandjaitan meminta penerapan protokol kesehatan diawasi lewat aplikasi. Para gubernur menyanggupi, termasuk Gubernur DKI Anies Baswedan.

Arahan itu disampaikan Luhut selaku Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan PEN saat rapat bersama para gubernur. "Saya rekomendasikan agar satgas bersama TNI, Polri, Satpol PP sampai ke Babinsa dan Babinkamtibmas untuk memanfaatkan aplikasi dalam memantau pelaksanaan protokol kesehatan," kata Luhut dalam keterangan tertulis Kemenko Marves, Selasa (6/10).

Dia juga memerintahkan sistem ini terhubung dengan kamera CCTV. DKI Jakarta menjadi percontohan penerapan sistem ini.

"Jadi nanti Jakarta akan jadi model pertama penerapan sistem ini," jelas Menko Luhut.

(aud/aud)