Round-Up

6 Buka-bukaan Vanessa Angel Konsumsi Xanax hingga Terpikir Bunuh Diri

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Selasa, 06 Okt 2020 05:46 WIB
Vanessa Angel memberikan keterangan dalam lanjutan sidang kepemilikan pil xanax di PN Jakbar. Vanessa mengaku mengkonsumsi pil xanax di sel tahanan di Surabaya.
Vanessa Angel. (Foto: Rengga Sancaya)

Beli Xanax Tanpa Resep Dokter

Vanessa mengaku membeli pil Xanax itu tanpa resep dokter.

"Iya (beli pil Xanax tanpa resep dokter), karena nggak diminta sama apoteknya," kata Vanessa.Vanessa juga bersedia berfoto bareng.

Vanessa membeli pil Xanax itu di sebuah apotek di Surabaya, Jawa Timur, pada 15 Januari 2019. Ketika itu Vanessa menunjukkan resep dari RS Puri Cinere kepada pegawai apotek. Namun, pegawai apotek menolak resep itu.

Sesuai keterangan pegawai apotek itu, Vanessa menyebut resep yang dikeluarkan oleh RS atau apotek di suatu daerah tidak bisa ditebus di daerah yang berbeda. Namun, tiba-tiba pegawai apotek itu berubah pikiran dan bersedia memberikan pil Xanax dengan syarat

Selain pil Xanax, Vanessa membeli 2 obat asam lambung di apotek itu. Total biaya keseluruhan mencapai Rp 280 ribu.

"Kalau harga pil Xanax-nya sendiri berapa?" tanya hakim kepada Vanessa.

"Kurang tahu, Yang Mulia," jawab Vanessa.

Vanessa mengaku dirinya tidak membeli pil Xanax itu di Jakarta karena persoalan ketersediaan.

Foto Bersama Pegawai Apotek, Lobi Vanessa Dapat Xanax

Vanessa menceritakan dirinya membeli 15 pil xanax di apotek di Surabaya, Jawa Timur. Pegawai apotek bersedia memberikan pil Xanax itu dengan syarat foto bareng Vanessa.

Berbekal resep dokter RS Puri Cinere, Vanessa membeli obat di salah satu apotek di Surabaya pada 15 Januari 2019.

"Jadi saya menunjukkan resep itu ke pegawai apoteknya terus dia bilang 'oh mbak ini resep Jakarta, kalau (resep dibuat) di Jakarta, ya nggak bisa ditebus di Surabaya," kata Vanessa.

Vanessa pun melobi pegawai apotek tersebut. Ia menyebut saat itu ia mengidap penyakit asam lambung dan insomnia.

"Saya nggak bisa tidur, karena asam lambung saya, mungkin mbaknya juga melihat saya di berita ya (saya diberitakan) stres atau gimana," sebut Vanessa.

Vanessa menyebut pegawai apotek itu tetap tak mau menerima resep itu. Namun, tiba-tiba pegawai itu bersedia memberikan pil Xanax dengan syarat Vanessa juga bersedia foto bareng dengan pegawai itu.

"(Vanessa menirukan suara pegawai apotek) 'Rata-rata nggak mau terima resep ini, tapi kalau butuh banget, jadi saya kasih deh, tapi saya minta foto ya'. Pegawainya minta foto sama saya, jadi ngefans sama saya," tutur Vanessa.

"Jadi saudari beli pil Xanax tanpa resep ya?" ujar hakim.

"Iya, tapi saya bawa resep (dokter RS Puri Cinere)," balas Vanessa.

Vanessa tidak mengingat secara pasti nama apoteknya. Beberapa obat yang dibeli di apotek Surabaya itu sudah diminumnya.

"Sudah," lanjutnya.

Vanessa Minum Xanax di Sel

Vanessa mengaku mengkonsumsi pil xanax di dalam sel tahanan di Surabaya.

"Minumnya di dalam sel, di rutan," ujar Vanessa.

Vanessa menyebut sebanyak 6 butir pil xanax itu diperoleh dari eks pengacaranya, Abdul Malik, saat mengawal sidang Vanessa di PN Surabaya pada Mei 2019. Diketahui, saat itu Vanessa Angel dinyatakan bersalah dan menjalani penahanan terkait kasus prostitusi.

"(Saya konsumsi) satu (pil di dalam sel)," kata Vanessa.

Pil-pil itu diletakkan Vanessa di dalam laci sel. Kemudian hakim bertanya kepada Vanessa apakah dirinya membawa pil xanax ke dalam sel sudah atas seizin otoritas rutan.

"Boleh (diizinkan)," tutur Vanessa.

Vanessa mengungkap bahwa dirinya sudah menunjukkan bukti resep dari RS Puri Cinere terkait kepemilikan pil tersebut kepada pegawai rutan. Resep itu selalu ia bawa di dalam tasnya.

Halaman

(aan/idn)