PMI DKI Kirim Bantuan 6 Kantong Darah untuk Rachel Maryam

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 03 Okt 2020 18:12 WIB
Artis Rachel Maryam barpose sebelum mengikuti pelantikan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019). Sebanyak 575 anggota DPR terpilih dan 136 orang anggota DPD terpilih diambil sumpahnya pada pelantikan tersebut. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/pd.
Rachel Maryam (Galih Pradipta/Antara Foto)
Jakarta -

Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta menjelaskan pihaknya turut membantu kebutuhan donor darah untuk politikus Gerindra Rachel Maryam, yang mengalami pendarahan hebat setelah melahirkan. Enam kantong darah sudah diberikan untuk proses pemulihan Rachel.

"Untuk Ibu Rachel Maryam kemarin (2/10), saat beliau berada di ICU dan membutuhkan tambahan darah. PMI DKI Jakarta juga dengan segera merespons sesuai dengan permintaan dari RS Bunda," kata Ketua Bidang Kerja Sama dan Kemitraan PMI DKI Jakarta Arya Sandhiyudha dalam keterangan yang diterima detikcom, Sabtu (3/10/2020).

Arya SandhiyudhaArya Sandhiyudha (Foto: dok PMI DKI Jakarta)

Arya mengatakan, jika dirinci, permintaan donor itu adalah 4 kantong sel darah merah dan 2 kantong plasma darah.

"Sampai saat ini, PMI DKI sesuai permintaan sudah mengeluarkan packed red cell (PRC) empat kantong darah serta plasma darah (fresh frozen plasma/FFP) dua kantong darah," katanya.

Arya menyebut pihak RS Bunda, tempat Rachel menjalani perawatan, sempat meminta tambahan donor darah. Namun permintaan dibatalkan karena sudah cukup dengan tambahan darah yang dikirim sebelumnya.

"Perkembangan sekarang, kalau dari sisi PMI, form kedua sudah datang lagi. Namun, info dari RS Bunda melalui telepon, permintaan dibatalkan, karena sementara sudah cukup dengan tambahan darah yang dikirim," tuturnya.

Tonton video 'Adik Kandung Bantah Kabar Rachel Maryam Koma':

[Gambas:Video 20detik]