Akun WA Belum Bisa Diakses, Sekum PP Muhammadiyah Cerita Awal Peretasan

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Sabtu, 03 Okt 2020 09:41 WIB
Abdul Muti (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Sekum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Akun WhatsApp (WA) milik Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti yang diretas belum bisa diakses. Abdul Mu'ti mengungkap sejumlah tokoh juga mengalami hal yang sama.

"Sementara belum bisa. Yang saya tahu ada Pak Gomar Gultom, Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) (juga diretas)," kata Mu'ti kepada wartawan, Sabtu (3/10/2020).

Dia mengatakan hanya akun WA-nya yang diretas. Mu'ti menceritakan awal mula akun WA-nya diretas.

Dia mengatakan ada seseorang yang memintanya bergabung ke salah satu grup WA. Pihak tersebut juga meminta nomor kode tertentu kepadanya.

"Kemarin sore. Ada yang minta gabung ke grup WA dan minta dikirim nomor kode tertentu. Saya tidak kenal nomor sebelumnya. Tapi nama dan foto profil saya sangat kenal," kata Mu'ti.

Mu'ti mengaku tidak mengenal nomor pihak yang mengontak dirinya. Belakangan, dia baru tahu bahwa nomor yang mengontaknya tersebut dipakai untuk melakukan peretasan.

"Ternyata hanya nomor dan profilnya saja yang dipakai. Ternyata nomor beliau juga diretas," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, kabar diretasnya akun WhatsApp Abdul Mu'ti dibenarkan Ketua Majelis Hukum dan HAM Muhammadiyah Trisno Raharjo. Informasi itu ia peroleh dari Sekretariat PP Muhammadiyah.

"Benar (akun WA Abdul Mu'ti diretas). Saya dapat informasi dari Sekretariat PP Muhammadiyah demikian," kata Trisno saat dimintai konfirmasi, Jumat (2/10).

Abdul Mu'ti masih bisa berkomunikasi dengan nomor yang tidak tersambung dengan WhatsApp. Abdul Mu'ti juga sempat mengabarkan WA-nya diretas lewat akun Twitternya.

"Bila menggunakan aplikasi WA belum dapat tersambung. Masih dapat menggunakan nomor yang sama tanpa aplikasi WA," jelasnya.

(jbr/elz)