Top 5 News

Trump Positif Corona & Pengunggah Foto Ma'ruf-Kakek Sugiono Ditangkap

Nurcholis Maarif - detikNews
Jumat, 02 Okt 2020 19:44 WIB
Top 5 News 2 Oktober
Foto: detikcom
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengonfirmasi dirinya dan istrinya, Melanie Trump positif terinfeksi COVID-19. Pernyataan tersebut disampaikan melalui akun Twitter pribadinya dan kini Trump menyebut sedang menjalani masa karantina untuk pemulihan.

Sementara kabar dari Tanah Air, tim Bareskrim Polri menangkap pelaku yang mengunggah foto Wakil Presiden Ma'ruf Amin disandingkan dengan bintang porno Jepang, Shigeo Tokuda alias 'Kakek Sugiono'. Pelaku bernama Sulaiman Marpaung (37) itu ditangkap di Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara.

Selain dua berita tersebut, ada juga berita lainnya yang banyak dibaca. Apa saja? Berikut ini Top 5 News edisi Jumat (2/10/2020).

1. Donald Trump Positif COVID-19

Trump dan Melanie kembali menjalani tes Corona setelah salah satu penasihat dekatnya, Hope Hicks, dinyatakan positif Corona pada Kamis (1/10). Hicks disebut merasakan gejala ringan selama perjalanan pulang dengan Trump dengan pesawat dari kampanye di Minnesota.

Seorang pejabat pemerintah yang enggan disebutkan namanya bahkan bilang Hicks dikarantina menjauh dari orang lain saat berada dalam pesawat. Lalu hasil tes Hicks membuktikan dia positif COVID-19. Trump menyebut Hicks bisa jadi tertular saat berinteraksi dengan pendukungnya.

Artikel Selengkapnya: Hasil Tes Keluar, Trump dan Melania Positif Corona

2. Pelaku Pengunggah Kolase Foto Ma'ruf Amin-Kakek Sugiono Ditangkap!

Kasus ini bermula ketika tangkapan layar berisi foto Ma'ruf disandingkan dengan gambar animasi wajah 'Kakek Sugiono' yang diunggah salah satu akun FB viral. Ada narasi 'Jangan kau jadikan dirimu seperti Ulama tetapi kenyataannya kau penjahat agama. Di usia Senja Banyaklah Berbenah untuk ketenangan di Alam Barzah. Selamat melaksanakan Ibadah Shalat Jumat' yang ditulis pemilik akun.

Namun, unggahan itu sudah tak ada lagi di akun FB tersebut. Selain itu, pemilik akun telah menulis permohonan maaf kepada keluarga besar Ma'ruf hingga keluarga besar Ansor, khususnya Tanjung Balai.

Artikel Selengkapnya: Bareskrim Tangkap Penggunggah Kolase Foto Ma'ruf Amin-'Kakek Sugiono'

3. Perang Azerbaijan Vs Armenia

Azerbaijan dan Armenia sudah menyatakan darurat perang. Kedua negara tersebut sedang memperebutkan wilayah sengketa bernama Nagorno-Karabakh seluas 4.400 km persegi atau kira-kira sedikit lebih luas ketimbang Provinsi DIY (3.186 km persegi).

Untuk mengakhiri sengketa, Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri menyerukan keduanya berunding, bukan berperang. Indonesia juga menyerukan kedua pihak kembali ke meja perundingan Minsk Process yang difasilitasi oleh OSCE.

"Indonesia menyerukan agar kedua pihak dapat menahan diri, melakukan gencatan senjata, mengedepankan dialog dan menyelesaikan konflik secara damai sesuai dengan hukum internasional dan resolusi Dewan Keamanan PBB yang ada," demikian bunyi keterangan pers Kementerian Luar Negeri RI.

Artikel Selengkapnya: Azerbaijan Vs Armenia Perang, RI Serukan Gencatan Senjata

4. Selamat Hari Batik Nasional

Netizen Indonesia menyemarakkan #Batikday di linimasa Twitter. Ini sekaligus merayakan hari ini atau tanggal 2 Oktober yang ditetapkan sebagai hari Batik Nasional. Banyak netizen yang memposting rasa bangganya dengan batik yang merupakan warisan budaya bangsa.

Untuk diketahui Hari Batik Nasional bermula saat batik diakui pada sidang keempat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak-benda yang diselenggarakan UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009.

Pada sidang tersebut, batik resmi terdaftar sebagai Karya Agung Budaya Lisan dan Tak Benda Warisan Manusia di UNESCO. Sebelumnya selain batik, UNESCO juga sudah mengakui keris dan wayang sebagai Karya Agung Budaya Lisan dan Tak Benda Warisan Manusia

Artikel Selengkapnya: Netizen Semarakkan #Batikday di Linimasa

5. Arsenal Gilas Liverpool di Piala Liga Inggris

Liverpool takluk dari Arsenal di Piala Liga Inggris lewat drama adu penalti. Kedua tim sebenarnya punya peluang emas, tetapi gagal dimaksimalkan dalam laga yang dihelat di Anfield, Jumat (2/10/2020) dini hari WIB.

The Reds menguasai pertandingan dengan 56 persen ball possesion dan membuat 16 attempts, tujuh di antaranya on goal. Sementara, The Gunners cuma menembak enam kali dengan dua on target. Hingga akhir waktu normal, skor 0-0 bertahan. Pada babak tos-tosan, Arsenal menang dengan skor 5-4 untuk melaju ke perempatfinal.

Artikel Selengkapnya: Piala Liga Inggris, Arsenal Singkirkan Liverpool via Adu Pinalti

[Gambas:Video 20detik]

(ega/ega)