Hari Batik Nasional, Sejarah dan Ucapan Selamat dari Para Pesohor

Rosmha Widiyani - detikNews
Jumat, 02 Okt 2020 15:29 WIB
Nasib perajin batik di tengah pandemi bak hidup segan mati tak mau
Foto: Achmad Syauqi/detikcom/Hari Batik Nasional, Sejarah dan Ucapan Selamat dari Para Pesohor
Jakarta -

Hari Batik Nasional pada hari ini, Jumat (2/9/2020), dirayakan seluruh masyarakat Indonesia. Peringatan Hari Batik Nasional 2 Oktober ternyata bertepatan dengan penetapan Batik sebagai warisan dunia dari UNESCO.

Dikutip dari situs lembaga budaya dunia PBB tersebut, batik adalah Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. Batik melambangkan kehidupan manusia mulai awal hingga akhir.

"Teknik, simbol, dan kebudayaan terkait teknik mewarnai katun dan sutra dengan tangan (hand-dyed) yang dikenal sebagai Batik Indonesia, menjadi simbol kehidupan masyarakat mulai awal hingga akhir. Untuk gendongan bayi, kain batik yang digunakan punya simbol keberuntungan untuk anak. Sedangkan batik yang digunakan saat ada yang meninggal menggunakan simbol berduka," tulis UNESCO.

Batik juga digunakan dalam berbagai momen, misal untuk urusan bisnis atau kepentingan akademik dengan desain biasa cenderung reguler. Untuk momen perayaan pernikahan atau kehamilan dipilih batik dengan corak wayang atau bentuk seni lainnya.

Dalam situs UNESCO diterangkan, batik diwarnai para seniman (craftspeople) yang menggambar desainnya di atas kain. Desain digambar dengan titik dan garis menggunakan lilin panas (hot wax). Para seniman tidak ingin menggunakan bahan lainnya, meski artinya harus kerja beberapa kali demi mendapat warna yang diinginkan.

Pola batik mengindikasikan aneka budaya yang mempengaruhi masyarakat Indonesia dalam sebuah desain batu. Budaya tersebut misal huruf kaligrafi Arab, buket Eropa, burung phoenix China, bunga sakura Jepang, dan merak Persia. Pola kain batik juga bisa berasal dari warisan antar generasi, yang warna desain, dan bentuknya mengekspresikan kreativitas dan kepercayaan pada Tuhan YME.

Selain batik, ada tiga hasil budaya lain yang mengisi daftar Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. Ketiganya adalah Aubusson tapestry dari Prancis, Lacemaking in Croatia dari Kroasia, Lefkara laces atau Lefkaritika dari Siprus, dan Ojiya-chijimi, Echigo-jofu dari Jepang.

Terkait Hari Batik Nasional, sejumlah pesohor mengupload ucapan selamat dan foto sedang menggunakan pakaian berbahan kain tersebut. Beberapa menanyakan batik favorit para warganet melalui Instagram.

Berikut ucapan selamat Hari Batik Nasional 2020:

1. Menteri BUMN Erick Thohir

"Batik menemani saya dalam berbagai aktivitas. Mengenakan Batik adalah kebanggaan saya. Ini Batik saya hari ini, mana Batikmu?" tulis Erick di akun erickthohir

2. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

"Selamat Hari Batik Nasional!" tulis Anies di aniesbaswedan

3. Presiden Joko Widodo

"Pandemi bukanlah penghalang untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 2 Oktober. Warisan budaya dunia dari negara kita ini bisa juga menjadi motif masker. Ayo, masker batik mana yang pas dan Anda suka?" tulis Presiden Jokowi di akun jokowi

4. Ustaz Yusuf Mansur

"The Batikers..Met shalawat," tulis Ustaz Yusuf Mansur di akun yusufmansurnew

5. Tasya Kamila

"Selamat Hari Batik Nasional! Yuk lestarikan batik dengan dedikasikan hari ini utk belanjaaa batik tulis. Ternyata banyak pengerajin batik yg terdampak krn pandemi ini. Jadi buat toko batik atau yg punya rekomendasi batik tulis (bukan print), komen dooong aku mau liat2 dan beliii," tulis Tasya di akun tasyakamila.

Tonton video 'Hari Batik Nasional, Solo Luncurkan Destinasi Wisata Batik':

[Gambas:Video 20detik]



(row/pal)