Mabuk dan Bawa Motor Ngebut di Jalanan, 5 Pria di Makassar Ditangkap

Reinhard Soplantila - detikNews
Jumat, 02 Okt 2020 06:40 WIB
Lima pria mabuk dan bawa motor ngebut di Makassar ditangkap polisi
Foto: Lima pria mabuk dan bawa motor ngebut diamankan (Dok. Istimewa)
Makassar -

Polrestabes Makassar menangkap lima orang pria yang kebut-kebutan motor tanpa menggunakan helm dan sengaja menantang polisi untuk balapan saat tengah melintas di jalanan Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Setelah dilakukan pemeriksaan, diketahui kelima pemuda tersebut melakukan aksinya lantaran masih dalam keadaan mabuk.

"Pada saat kami melakukan patroli di Jalan Cendrawasih, kami dapati sekelompok pemuda yang mana pemuda tersebut memancing petugas saat melakukan patroli dan saat diberhentikan pemuda itu dalam keadaan mabuk. Memancingnya itu dengan menarik gas tinggi," ujar Komandan Regu 1 Penikam Polrestabes Makassar, Brigpol Zulkifli, Jumat (2/10/2020).

Dijaringnya kelima orang itu dilakukan oleh Tim Penikam Polrestabes Makassar saat tengah menggelar patroli wilayah dan tengah melintasi Jalan Cendrawasih, Makassar, Jumat (2/10), sekitar pukul 02.00 WITA. Secara tiba-tiba dari arah belakang polisi yang tengah mengendarai motor, para pria itu langsung menancap gas dan seolah-olah ingin menantang anggota untuk kebut-kebutan di jalan raya.

Berdasarkan pengakuan dari kelima orang ini, mereka merupakan warga dari Kabupaten Jeneponto, Sulsel. Mereka sengaja datang ke Kota Makassar, memang untuk menggelar balapan liar bersama kelompok motor lainnya.

"Dia mengaku dari Kabupaten Jeneponto dan akan melaksanakan balap liar di Makassar," sebut Zulkifli.

Selain meringkus para pelaku, polisi juga turut menyita tiga unit sepeda motor yang dikendarai. Polisi juga memberlakukan sangsi teguran dan pembinaan berupa pemanggilan terhadap orang tua para pelaku guna diberikan surat perjanjian agar ke depannya tidak mengulangi perbuatannya.

"Kami sita tiga unit roda dua dan kami panggil orang tuannya untuk ditindak lanjuti selain itu sangsi teguran juga push up," tutur Zulkifli.

(rfs/rfs)