NasDem Kritik Kepgub Anies soal Isolasi Mandiri di Rumah

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 02 Okt 2020 05:37 WIB
Politikus NasDem Nova Harivan Paloh dilantik jadi angora DPRD DKI Jakarta.
Foto: Nova Harivan Paloh (Fida/detikcom)
Jakarta -

Fraksi Partai NasDem DKI mengkritik kebijakan Gubernur Jakarta Anies Baswedan yang memperbolehkan isolasi mandiri di rumah. NasDem heran kenapa Anies tiba-tiba mengeluarkan Kepgub aturan isolasi mandiri di rumah yang padahal dilarang sebelumnya.

"Kan kemarin Pak Anies sudah mengeluarkan statement yang menyatakan nggak boleh, sekarang malah mengeluarkan Kepgub. Sebelumnya melarang isolasi di rumah, sekarang malah diperbolehkan, sekarang mau kemana sih?" kata Ketua F-NasDem DKI, Nova Harivan Paloh, ketika dihubungi, Kamis (1/10/2020).

Nova menyayangkan Anies yang secara tiba-tiba mengeluarkan Kepgub terkait isolasi mandiri di rumah. Dia menilai seharusnya Anies menyiapkan dahulu koordinasi petugas hingga unsur RW agar pengawasan pasien

"Kalau isolasi di rumah bagaimana pemantauan di rumah itu bagaimana puskesmas ngecek, terus harus dipastikan juga ketika isolasi di rumah kan nggak boleh keluar rumah, bagaimana mereka mencukupi kebutuhan mereka sehari-hari," ujarnya.

"Kesiapannya dulu infrastrukturnya di tingkat unsur RT/RW kelurahan itu harus kuat dulu, gimana nanti mekanisme pengawasannya, itu dulu baru dikeluarkan kepgubnya," lanjut Nova.

Aturan terkait isolasi mandiri di rumah itu tertuang dalam Kepgub DKI Jakarta Nomor 980 Tahun 2020.Aturan mengenai isolasi mandiri bisa dilakukan di rumah tertuang pada poin H.

Poin H itu berisi penjelasan rinci mengenai prosedur isolasi mandiri yang dilakukan di rumah atau fasilitas pribadi. Berikut ini prosedur isolasi mandiri jika ingin dilakukan di rumah atau fasilitas pribadi:

Selanjutnya
Halaman
1 2