SIDAK 1 Oktober: 5 Berita Aktual Hari Ini

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 22:19 WIB
Peristiwa 30 September 1965 jadi salah satu sejarah kelam yang pernah terjadi di Indonesia. Monumen Pancasila Sakti pun disebut jadi saksi bisu prahara tersebut
Foto: Monumen Pancasila Sakti (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi topik perbincangan hangat dan populer hari ini. Selain itu, viral kemunculan buaya putih di Sungai Brantas tak luput dari perbincangan hangat publik.

Rangkuman berita-berita populer itu ditampilkan dalam tayangan video, berjudul SIDAK!: 1/10/2020 KABAR LAKERS MENANG HINGGA BERITA BUAYA PUTIH MUNCUL! yang diunggah oleh akun Youtube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya, dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut rangkuman beritanya:

1. Perbedaan Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Pancasila

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2020 di Monumen Pancasila Sakti, Kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur, Kamis (1/10/2020).

Dilansir dari CNN, Upacara yang dihadiri beberapa pejabat publik itu sendiri, merupakan gelaran saban tahun untuk memperingati momen peristiwa G30S yang menewaskan enam jenderal dan satu letnan pada 1965 silam. Tujuh martir yang kemudian disematkan gelar Pahlawan Revolusi.

Tepat 27 September 1967, Presiden RI kala itu, Soeharto mengeluarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 153/Tahun 1967. Isi dari Keppres itu adalah menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati seluruh rakyat Indonesia dengan khidmat dan tertib.

Ada satu hal lagi yang menjadi salah satu ciri dari peringatan peristiwa G30S dan Hari Kesaktian Pancasila. Pada 30 Oktober, hari di mana penculikan dan pembunuhan para jenderal terjadi, diperingati dengan pengibaran bendera Merah Putih setengah tiang. Sementara 1 Oktober, yang diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila, bendera Merah Putih kembali dikibarkan sempurna yakni satu tiang penuh.

Selain Hari Kesaktian Pancasila, setiap tahunnya, Indonesia juga memperingati hari lahir Pancasila saban 1 Juni. Berbeda hari Kesaktian Pancasila yang telah ditetapkan pemerintah sejak dekade 1960, hari Pancasila bisa dikatakan baru empat tahun belakangan.

Hari Pancasila yang diperingati saban 1 Juni itu baru ditetapkan Jokowi lewat Keppres Nomor 24 Tahun 2016. Peringatan hari lahir pancasila itu tidak terlepas dari sejarah bahwa pada 29 Mei hingga 1 Juni 1945, Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang dipimpin Radjiman Wedyodiningrat mengadakan sidang pertama agenda sidang membahas tentang dasar negara Indonesia.

2. Hasil Final NBA: Lakers Menangkan Gim Pertama

LA Lakers mengalahkan Miami Heat di gim pertama Final NBA 2020. LeBron James dkk menang dengan skor 116-98.

Final NBA antara Lakers vs Heat berlangsung di AdventHealth Arena, Kamis (10/1/2020) pagi WIB. Anthony Davis dari Lakers menjadi bintang di pertandingan kali ini dengan mencetak poin terbanyak, yakni 34 poin. LeBron James turut tampil brilian dengan 13 rebound dan 9 assist, terbanyak di antara para pemain lainnya.

Dengan kemenangan ini, Lakers untuk sementara memimpin 1-0 di Final NBA 2020. Ada pun gim kedua dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (3/10) pagi WIB.

3. LPDP Buka Pendaftaran 2 Jenis Beasiswa 6 Oktober

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kembali membuka pendaftaran beasiswa. Pendaftaran rencananya dibuka pada 6 Oktober 2020 mendatang.

Dikutip melalui akun Instagram @lpdp_ri, Kamis (1/10/2020), pendafataran dapat dilakukan secara online.

"Catat dan tandai kalendermu ya! Mulai 6 oktober 2020, kamu dapat melakukan registrasi online melalui beasiswalpdp.kemenkeu.go.id," bunyi keterangan LPDP.

Sementara itu, layanan beasiswa yang dibuka terdiri dari dua jenis, yakni beasiswa pendidik dan beasiswa perguruan tinggi utama dunia. Dalam keterangan LPDP disebutkan, syarat, perguruan tinggi tujuan akan disampaikan secara bersamaan dengan dibukannya registrasi online.

4. Cara Online Klaim Token Listrik Gratis PLN Oktober 2020

PLN kembali memberikan stimulus COVID-19 untuk para pengguna layanan listrik dari perusahaan negara ini. Klaim token gratis untuk bulan Oktober 2020 bisa diperoleh dengan mengakses www.pln.co.id.

Selain dengan login www.pln.co.id, pelanggan juga bisa menikmati bantuan stimulus COVID-19 melalui nomor WhatsApp 08122-123-123. Stimulus COVID-19 dari PLN sudah berlangsung selama beberapa bulan dalam bentuk token listrik gratis dan diskon tagihan.

Token listrik gratis diberikan untuk pelanggan 450 VA prabayar, dengan besaran sesuai pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir. Sedangkan untuk pelanggan 450 VA pascabayar dikenakan rekening listrik gratis untuk biaya beban dan pemakaian.

Stimulus COVID-19 juga diberikan pada pelanggan PLN 900 VA pascabayar, berupa keringanan biaya tagihan listrik. Rekening listrik dibayar 50 persen untuk biaya beban dan pemakaian. Bagi pelanggan 900 VA prabayar, tiap bulan mendapat token gratis sebesar 50 persen dari pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

5. Viral Penampakan Buaya Putih di Sungai Brantas Kediri

Viral buaya yang disebut berwarna putih muncul di Sungai Brantas Kediri. Penampakan buaya ini direkam oleh warga dan menyebar luas di media sosial.

Penampakan buaya itu diabadikan seseorang yang belum diketahui identitasnya dalam video berdurasi 2.34 menit. Video ini tersebar di beberapa grup WhatsApp dan facebook.

"Pada hari ini Kamis Kliwon, tanggal 30 September 2020 di pinggir Brantas dekat DKT ada buaya putih, buaya putih muncul, arep enek tengoro opo iki yo, dia berjalan, arah e ngidul. Mbah ten mriki nyambut gawe mbah, nandur brambang mbah dongakno brambange apik, gusti allah sing ngijabahi mbah. Mbah pun mbah nek ngetok. Mbah Kemis Kliwon mbah, woh jan gelek banget iki, awak e Disenteri buntute sampek pucuk. Motone abang putih warnane," ucap perekam video tersebut seperti yang dilihat detikcom, Kamis (1/10/2020).

Kemunculan buaya itu dibenarkan Kabid Trantibum Satpol PP Kota Kediri, Nur Khamid. Menurut Nur Khamid, kemunculan buaya yang disebut berwarna putih tersebut diketahui pertama kali oleh para pemancing. Begitu mengetahui ada buaya itu, para pemancing lalu mengabadikan dengan kamera di HP-nya.

"Ada aduan warga bahwa di pinggir Sungai Brantas depan RS DKT muncul buaya," kata Nur Khamid.

(rfs/dnu)