4 Keutamaan Membaca Surat Yasin

Lusiana Mustinda - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 22:00 WIB
Saat bulan Ramadhan, seorang muslim  yang melakukan ibadah akan mendapatkan pahala berlipat ganda. Salah satunya dengan membaca kitab suci Al Quran.
Foto: Getty Images
Jakarta -

Surat Yasin merupakan surat dalam Al-qur'an yang menempati urutan ke-36. Surat ini termasuk ke dalam surat makiyyah karena menjelaskan tentang akidah dan keimanan.

Dilansir dalam buku 'Kedahsyatan Membaca Al-Qur'an' oleh Amirulloh Syarbini dan Sumantri Jamhari, surat Yasin banyak berbicara tentang kehidupan akhirat.

Surat Yasin bisa dikatakan sebagai surat yang sangat akrab di lisan kaum muslimin di Indonesia. Surat ini sering dibaca saat ada pengajian.

Rasulullah Saw menjelaskan dalam sebuah hadits, "Barangsiapa membaca surat Yasin setiap malam karena Allah SWT, maka dosanya diampuni." (HR. Ahmad)

Berikut ini beberapa keutamaan surat Yasin:

1. Surat Yasin adalah jantung al-qur'an

Rasulullah SAW bersabda,
"Setiap sesuatu ada jantungnya. Jantungnya al-qur'an adalah surat Yasin. Siapa yang membaca surat Yasin, Allah menulis baginya pahala seolah-olah ia telah mengkhatamkan sepuluh kali al-qur'an." (HR. Darimi dan Turmudzi).

2. Dosanya diampuni

Membaca surat Yasin akan menjadikan dosa-dosa kita diampuni oleh Allah SWT. Nabi Saw bersabda, "Siapa yang membaca Surat Yasin pada suatu malam, karena Allah maka Allah akan mengampuni dosa-dosa yang lalu." (HR. Ibnu Sunni dan Ibnu Hibban).

3. Mendapat kemudahan

Membaca surat Yasin dapat menjadi kemudahan untuk kita dalam meraih hajat-hajat. Atha' bin Abi Rabbah berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda,

"Siapa yang membaca surat Yasin pada awal pagi, seluruh hajatnya akan dikabulkan oleh Allah." (HR. Darimi).

Dalam riwayat lain dari Abdullah bin Abbas yang mengatakan, "Siapa yang membaca surat Yasin pada waktu pagi maka Allah memberinya kemudahan pada hari itu hingga sore harinya. Siapa yang membacanya di awal malam, maka Allah memberikan kemudahan sepanjang malam itu sampai pagi hari." (HR. Darimi).

4. Baik dibacakan untuk orang yang menjelang ajal


Menurut Ali Akbar bin Aqil dan Abdullah Chris dalam buku '5 Amalan Penyuci Hati' disebutkan bahwa surat Yasin sangat baik dibacakan kepada orang yang sekarat, hendaknya kita bacakan surat ini sesuai dengan anjuran Rasulullah Saw,

"Bacakanlah kepada orang yang sekarat dari kalian surat Yasin." (HR. Nasa'i).

Membacakan surat Yasin kepada orang yang sedang sekarat agar ia mendapatkan bimbingan menuju husnul khatimah dan diampuni segala dosanya. Hal ini didasarkan pada hadits Rasulullah Saw bahwa, "Surat Yasin adalah jantung al-qur'an. Tidak seorang pun yang membacanya karena Allah SWT dan hari akhir melainkan dosa-dosanya diampuni. Bacakanlah surat Yasin pada orang yang sekarat dari kalian."

(lus/erd)