Jadi Kementerian Paling Banyak Kasus Corona, Ini Penjelasan Kemenhub

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 17:56 WIB
Adita Irawati, stafsus presiden bidang komunikasi
Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati (Dok. pribadi)
Jakarta -

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjadi kementerian yang paling banyak kasus virus Corona berdasarkan data dari Pemerintah Provinsi DKI. Menanggapi hal itu, Kemenhub menyatakan angka kesembuhan dari Corona di lingkungan Kemenhub juga cukup tinggi meski kasus positifnya paling banyak.

"Angka kesembuhan dari COVID-19 di Kementerian Perhubungan telah mencapai lebih dari 70% dari data yang di tampilkan oleh website corona.jakarta.go.id di mana dalam website tersebut disampaikan jumlah terkonfirmasi di Kemenhub hingga 30 September 2020 mencapai 319 orang," kata jubir Kemenhub, Adita Irawati, dalam keterangan tertulis, Kamis (1/10/2020).

Adita mengatakan data 319 kasus positif itu merupakan data kumulatif kasus di lingkungan Kemenhub dari awal pandemi. Ia mengatakan kasus-kasus positif di Kemenhub juga berasal dari berbagai kantor yang ada di Jakarta hingga Pulau Seribu.

"Perlu disampaikan data ini merupakan data akumulatif sejak pandemi di mulai di Indonesia dan termasuk dengan hasil uji karyawan Kemenhub di berbagai kantor yang tersebar di DKI Jakarta termasuk di kawasan Pulau Seribu," ujarnya.

Adita juga menyebut selama sebulan terakhir, pihaknya gencar melakukan tes PCR untuk para karyawan. Tes PCR itu dilakukan untuk mengantisipasi penularan virus Corona, khususnya dari orang tanpa gejala (OTG)

"Dalam sebulan terakhir, Kemenhub gencar melakukan uji PCR kepada para karyawannya untuk mengantisipasi penularan khususnya dari orang tanpa gejala. Uji ini diprioritaskan untuk karyawan yang berisiko tinggi khususnya yang banyak bertugas di lapangan memberikan layanan kepada masyarakat," ungkap Ardita.

Selain itu, Ardita mengatakan, Kemenhub menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Ardita menegaskan Kemenhub mendukung upaya pemerintah menangani penyebaran virus Corona.

Sebelumnya diberitakan, Pemprov DKI memperbarui data kasus positif Corona di klaster perkantoran. Per 30 September, kasus positif Corona terbanyak klaster perkantoran di Jakarta kini ada di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan 319 kasus.

Data itu diunggah Pemprov DKI di situs corona.jakarta.go.id pada 30 September 2020. Angka itu merupakan kumulatif kasus positif klaster perkantoran sejak 4 Juni 2020.

Jumlah kasus positif di Kemenhub ini melampaui jumlah kasus di Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Kasus positif di Kemenkes kini sebanyak 262 orang.

Diurutan ketiga, ada Kementerian Pertahanan (Kemhan) dengan 147 kasus positif. Disusul KPK dengan 116 kasus positif.

(ibh/tor)