75% Pasien COVID-19 di RSD Wisma Atlet Kemayoran Sudah Sembuh

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 16:49 WIB
Kini isolasi mandiri di DKI Jakarta dianjurkan tidak boleh dilakukan di rumah, telah disediakan tempat khusus seperti salah satunya Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet.
Wisma Atlet Kemayoran (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Hingga saat ini total pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit darurat (RSD) Wisma Atlet, Kamayoran, Jakarta Pusat lebih dari 13 ribu orang. 75% di antara telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan.

"Kalau kita lihat secara kumulatif dari yang dirawat COVID-19 di Wisma Atlet ini memang ada sekitar 13 ribu lebih dan yang sudah pulang itu atau sudah sembuh itu sudah 10 ribu lebih. Jadi sekitar di atas 70 persen. Saat ini data yang kita rekap sudah 75,1%," kata Koordinator Operasional RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Kolonel CKM dr. Stephanus Dony dalam siaran YouTube BNPB, Kamis (1/10/2020).

Dony mengatakan dalam sepekan terakhir, jumlah pasien yang dirawat menurun. Serta jumlah kesembuhan meningkat, terutama pasien dengan gejala ringan dan sedang.

"Pasien untuk di RSD ini khususnya kita tahu memang sekarang update pasien yang kita rawat ada 2.370 dan ini memang kalau kita lihat dari mulai satu minggu ini sudah mulai turun walaupun tidak signifikan, turun sedikit-sedikit," katanya.

"Artinya memang pasien yang datang, pasien pulang lebih banyak dari pasien yang masuk. Khususnya gejala ringan dan sedang, khususnya tower 6 dan 7," sambungnya.

Lebih lanjut, Dony mengatakan kesembuhan ini dipengaruhi oleh terapi yang dijalani pasien. Serta kecepatan hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR).

"Tentunya ini memang saat berpengaruh dari pola terapi yang diberikan juga dipengaruhi oleh hasil lab PCR, apakah itu lebih cepat ditampilkan apakah hasil lab ini yang ditunggu setelah swab menunggu waktu yang lama. Ini akan berpengaruh pada angka kesembuhan itu sendiri," sebut dia.

Tonton video 'Angka Kesembuhan Pasien Corona di Wisma Atlet Meningkat 75%':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/imk)