Plt Bupati Buton Utara Jalani Sidang Perdana Kasus Pencabulan Anak

Sitti Harlina - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 13:30 WIB
poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Kendari -

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Buton Utara Ramadio menjalani sidang perdana terkait kasus pencabulan anak. Sidang digelar di Pengadilan Negeri Muna hari ini.

"Iya, berdasarkan penetapan dari majelis hakim Pengadilan Negeri Muna, ditetapkan sidang hari ini, sidang perdana tanggal 1 bulan 10 untuk kasusnya dengan inisial R," ujar Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Sultra Herman Darmawan saat dimintai konfirmasi wartawan di Kendari, Kamis (1/10/2020).

Agenda sidang perdana hari ini adalah pembacaan dakwaan kepada tersangka Ramadio. "Agenda pertama baca dakwaan," ujarnya.

Sidang perdana ini dimulai setelah Kejari Muna melimpahkan kasus pencabulan Ramadio kepada Pengadilan Negeri Muna.

"Dilimpahkan oleh Kejaksaan Negeri Muna di tanggal 21 September dan hari ini sudah ada penetapan sidangnya digelar hari ini sidang perdana," imbuhnya.

Meskipun hari ini sudah dilakukan jadwal sidang perdana, penahanan terhadap Ramadio tidak dilakukan. Terkait hal tersebut, Herman mengaku harus memperjelas kepada pihak jaksa penuntut umum.

"Apakah tidak ditahan, tahanan rumah atau kota, saya belum tahu persis karena informasi dari penuntut umum, yang jelas saat ini sudah bukan tahanan jaksa lagi karena sudah di sidang ini sudah masuk dalam tahanan majelis hakim sejak perkara itu dilimpahkan. Jadi baik barang bukti maupun terdakwa sudah kewenangan majelis hakim," pungkasnya.

Sebelumnya, kasus dugaan pencabulan terhadap anak usia 14 tahun bermula saat ayah korban melaporkan Ramadio ke Polisi. Hal itu tertuang dalam Laporan Polisi (LP) nomor: LP/18/IX/2019/Sultra/Res Muna/Spkt Sek Bonegunu, 26 September 2019. Dalam laporan itu, tersangka diduga sudah dua kali menyetubuhi korban.

(nvl/nvl)