Polda Metro Gandeng Sekuriti Apartemen Awasi Penerapan Protokol Kesehatan

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 13:30 WIB
TNI-Polri Resmikan Apartmen Bebas COVID Berstandar Prokes di Jakbar
Kapolda Metro Jaya Irjen Nana menggandeng komunitas sekuriti untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan. (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menerapkan pengawasan protokol kesehatan berbasis komunitas di lingkungan apartemen. Sekuriti apartemen pun digandeng untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan di lingkungan kawasan.

"Jadi begini, kami sudah berikan batch pengawas protokol kesehatan di setiap kawasan, di kawasan ini. Kami beri ke satpam yang tugasnya beri imbauan juga, edukasi, juga sosialisasikan protokol kesehatan, khususnya gimana patuhi 3M ini (memakai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan)," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana di Apartemen Mediterania, Tanjung Duren, Jakarta Barat, Kamis (1/10/2020).

Nana mengatakan, selain melakukan pengamanan di lingkungannya, sekuriti diminta melakukan pengawasan terhadap pelanggar protokol kesehatan.

"Mereka pun harus menegur masyarakat atau penghuni apartemen yang tak pakai masker atau berkerumun di situ. Kami dalam hal ini satgas ada pengelola dan Forkopimda dan mereka yang diberi kewenangan beri teguran ke masyarakat," imbuhnya.

Kapolda kemudian menyinggung Apartemen Mediterania yang menjadi kawasan 'apartemen bebas COVID-19' (ABC) telah menerapkan hal itu.

"Kami di sini liat ada 99 sekuriti yang tentunya yang bersangkutan adalah sudah menjadi petugas protokol kesehatan berbasis komunitas," imbuhnya.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya bersama TNI meresmikan apartemen bebas COVID-19 di wilayah Tanjung Duren, Jakarta Barat. Peresmian ini dalam rangka pengawasan protokol kesehatan berbasis komunitas.

(maa/mea)