Penjelasan Kontraktor soal Sekuriti Tewas Tertimpa Besi Proyek Jalan di Jakut

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 14:58 WIB
pekerja tergeletak
Ilustrasi kecelakaan kerja (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Seorang pria berinisial A (44) tewas tertimpa besi di sebuah proyek jalan tol di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara. Pihak kontraktor KSO Jaya Konstruksi-Adhi memberikan penjelasan terkait kejadian tersebut.

"Sekuriti kontraktor KSO Jaya Konstruksi-Adhi kejatuhan besi stress bar dari ketinggian sekitar 14,5 meter. Petugas tersebut segera dilarikan ke Rumah Sakit Gading Pluit, namun akhirnya meninggal dunia pada pukul 18.29 WIB setelah mendapat perawatan di ICU," kata Project Manager KSO Jaya Konstruksi-Adhi, R Ary Ardaka, dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Rabu (30/9/2020).

KSO Jaya Konstruksi-Adhi adalah kontraktor proyek Jalan Tol Dalam Kota Jakarta. Ary mengatakan peristiwa tersebut terjadi di area Proyek Enam Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta, Tahap 1 Seksi A, Jalan Raya Bekasi, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Sabtu (26/9) pukul 15.00 WIB.

Menurut Ary, saat kejadian, sedang ada pekerjaan peralatan segmen-segmen beton atau box girder di jalan tol layang tersebut. Sesuai dengan prosedur, sambung Ary, di bawah lokasi pekerjaan telah ditutup dan dibatasi dengan moveable barrier, serta dijaga oleh petugas sekuriti.

"Kecelakaan terjadi pada saat tengah dilakukan perapatan antara segmen beton nomor 6 dan nomor 7, di mana segmen 6 diselaraskan dan didekatkan ke segmen 7 hingga tercapai jarak antara 30-40 cm," jelas Ary.

"Sebuah stress bar yang telah disiapkan dan dimaksudkan untuk menyatukan kedua segmen tersebut secara tidak sengaja terjatuh melalui celah antara dua segmen dan pada saat yang sama petugas sekuriti (Saudara A) melintas di bawahnya," sambungnya.

Pihak kontraktor segera melarikan A ke rumah sakit, tapi nyawa korban tidak tertolong. Ary mengatakan pihaknya telah memberikan bantuan santunan kepada keluarga korban sebagai bentuk tanggung jawab.

Seperti diketahui, seorang pria tewas di jalan raya Bekasi-Cakung, Jakarta Utara. Korban berinisial A itu tewas setelah tertimpa potongan besi proyek jalan tol di lokasi.

Kanit Reskrim Polsek Kelapa Gading AKP Muhammad Fajar mengatakan telah memeriksa 12 saksi dari kasus tersebut. Dia mengatakan masih mendalami adanya kemungkinan unsur kelalaian kerja dari peristiwa tersebut.

"(Unsur kelalaian) masih dalam penyelidikan karena, kalau dibilang lalai, yang lalai itu siapa gitu atau apa ada kelalaian di situ," katanya dihubungi wartawan, Senin (28/9).

(mei/mei)