Diundang Kerajaan, RI Jadi Tamu Kehormatan Hari Nasional Arab Saudi

Fajar Pratama - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 09:57 WIB
Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh menghadiri hari Nasional Arab Saudi ke-90
Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh (berjas hitam) menghadiri hari Nasional ke-90 Arab Saudi. (Foto: KBRI Riyadh)
Riyadh -

Indonesia menjadi tamu kehormatan oleh pihak kerajaan pada peringatan Yaum Watani Saudi atau hari Nasional ke-90 Arab Saudi. Indonesia diwakili oleh KBRI Riyadh.

Duta besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel didapuk terlibat langsung dalam tarian tradisional Arab Saudi Ardah Najdiyyah yang menggambarkan kecintaan rakyat Saudi terhadap tanah airnya.

Dipilihnya Agus Maftuh dalam folklor tarian rakyat tersebut karena dikenal sebagai seorang Dubes negara sahabat yang memahami kesenian tradisional Saudi termasuk penguasaan terhadap lirik-lirik syair pengiring tarian kebanggaan Kerajaan Arab Saudi tersebut. Agus Maftuh menyampaikan bahwa pesan-pesan diplomatik sangat efektif lewat media budaya dan kesenian.

"Perhelatan yang dipenuhi ekspresi nasionalisme kebangsaan Arab Saudi tersebut diselenggarakan oleh komunitas jurnalis Arab Saudi di sebuah area 'Digital City' seluas 900 hektare di Kawasan Riyadh, awal pekan ini," ujar Agus Maftuh dalam keterangan tertulis yang diterima dari KBRI Riyadh, Rabu (30/9/2020).

Digital City atau al-Madinah al-Raqmiyyah merupakan kawasan modern Arab Saudi yang dibangun sejak 2012 dan fasilitas canggih.

Dijelaskan Agus Maftuh, generasi milenial Arab Saudi sangat antusias dalam perayaan tahunan yang pada tahun ini bertemakan 'Himmah hattal qimmah' yang artinya 'tekad menuju asa yang tinggi'.

Simak juga video 'Sempat Terlantar di Arab Saudi, 21 Pekerja Imigran Dipulangkan':

[Gambas:Video 20detik]



(dkp/fjp)