Terombang-ambing 7 Hari dalam Boks Gabus Tak Bikin Hamade Kapok Melaut

Budi Kurniawan - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 19:47 WIB
Hamade, nelayan lansia ditemukan terombang-ambing di laut selama 6 hari. Dia dievakuasi nelayan lain dari boks gabus ikan (dok. Istimewa)
Hamade, nelayan lansia, ditemukan terombang-ambing di laut selama 6 hari. Dia dievakuasi nelayan lain dari boks gabus ikan. (Foto: dok. Istimewa)
Paser -

Hamade (65) tujuh hari terombang-ambing di tengah laut hanya dengan memanfaatkan boks gabus yang biasa dipakai untuk menyimpan ikan hasil tangkapan. Selama satu pekan di tengah lautan dia tidak makan.

Kejadian nahas itu tak membuat Hamade berhenti menjadi nelayan. Dia mengaku masih ingin menangkap ikan di lautan.

"Rencananya ini saya mau pergi ke laut lagi, tapi belum ada kapal yang bisa dipakai," ucap Hamade saat dihubungi detikcom, Selasa (29/9/2020).

Saat ini Hamade sudah berada di tengah-tengah kehangatan keluarganya setelah terombang-ambing tanpa kepastian selama hampir 168 jam. Setelah selamat, dia bisa berkumpul bersama anak dan cucunya.

Tapi dia kukuh menyatakan akan kembali melaut meski keluarga melarang.

"Keluarga sih melarang, tapi mau gimana lagi, tidak ada kerjaan saya di sini," ungkapnya.

Saat ini Hamade berharap mendapatkan bantuan kapal dari pemerintah setempat agar dirinya bisa kembali mencari nafkah bagi keluarganya. Hamade mengaku tidak takut jika hal serupa kembali menimpanya saat pergi melaut mencari ikan.

"Kita serahkan sama Tuhan. Jika terjadi lagi, mau gimana lagi. Tapi mungkin saya pergi tidak akan jauh-jauh," ujarnya.

Diketahui, kapal Hamade mengalami kebocoran di bagian bawah pada Kamis (17/9) pukul 09.30 Wita saat sedang melaut. Sebelum kapal tenggelam, Hamade sempat mengambil boks ikan untuk menyelamatkan diri di tengah laut Kalimantan Timur.

Selama seminggu, dia mengaku ada banyak kapal yang melintas di depannya. Tapi herannya, tak ada kapal yang menolongnya.

Hamade akhirnya ditolong nelayan yang melintas di perairan lepas Tako Bendera, Tanah Grogot, Kalimantan Timur, Kamis (24/9) pukul 15.00 Wita. Video evakuasi Hamade sempat ramai beredar di medsos. Dalam video berdurasi 2 menit lebih tersebut, terlihat Hamade sudah dalam kondisi lemas.

"Korban saat ini berada di Kabupaten Kukar. Ia meminta kepada nelayan yang menemukan untuk dibawa ke rumah keluarganya yang berada di sana," kata Kapolres Paser AKBP Eko Susanto saat dimintai konfirmasi, Senin (28/9).

(jbr/jbr)