29 Kabupaten/Kota Turunkan Risiko Corona dari Zona Oranye ke Kuning

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 17:55 WIB
Juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, mengungkap zonasi daerah terbaru (YouTube Setpres)
Juru bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito mengungkap zonasi daerah terbaru (Foto: dok. YouTube Setpres)
Jakarta -

Pemerintah mengumumkan daerah yang berhasil menekan risiko penularan Corona (COVID-19), yakni dari zona oranye ke zona kuning. Dilaporkan ada 29 kabupaten/kota yang berhasil turun ke zona kuning.

"Ada 29 kabupaten/kota yang berhasil menurunkan risikonya dari zona oranye ke zona kuning," kata juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito, Selasa (29/9/2020).

Wiku mengatakan pada minggu lalu, Satgas COVID-19 mengingatkan 10 kabupaten/kota yang hampir menekan tingkat risiko penyebaran Corona ke tingkat sedang (zona kuning). Namun hanya dua kabupaten/kota yang berhasil.

"Kami apresiasi kepada Puncak Jaya Papua dan Lampung Utara yang berhasil menekan risiko penularan sehingga berpindah ke zona kuning. Mohon ini dipertahankan, dan ada delapan kabupaten/kota yang minggu lalu kami sebutkan namun belum dapat menurunkan risiko penularannya dari zona oranye ke zona kuning," kata Wiku.

Delapan daerah yang dimaksud adalah Mebrat, Papua Barat; Halmahera Barat, Maluku Utara; Bulukumba, Sulawesi Selatan; Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara; Sukamara, Kalimantan Tengah; Nias Utara, Sumatera Utara; Yalimo, Papua; dan Sinjai, Sulawesi Selatan.

"Mohon agar daerah ini agar dapat meningkatkan penanganan COVID-nya, dan sekali lagi tolong berkoordinasi dengan pemerintah pusat, khususnya Kemenkes dan Satgas COVID-19 agar mendapat bantuan dalam rangka meningkatkan zonasinya menjadi lebih baik," ungkapnya.

Juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, mengungkap zonasi daerah terbaru (YouTube Setpres)Sebanyak 29 daerah yang berhasil menurunkan risiko penularan Corona dari zona oranye ke zona kuning. (Foto: dok. YouTube Setpres)

Berikut 29 daerah yang masuk ke zona kuning:

Aceh
- Aceh Timur

Sumatera Utara
- Nias Barat

Sumatera Selatan
- Kota Pagar Alam

Lampung
- Lampung Selatan
- Lampung Utara
- Lampung Barat
- Tanggamus
- Lampung Timur
- Pesawaran

Bengkulu
- Seluma

Jawa Barat
- Sukabumi
- Sumedang
- Subang

Jawa Tengah
- Banjarnegara

Jawa Timur
- Malang
- Bojonegoro

NTB
- Lombok Utara

NTT
- Flores Timur
- Ende
- Manggarai
- Manggarai Barat

Kalimantan Barat
- Sintang

Sulawesi Selatan
- Takalar
- Bone

Sulawesi Tenggara
- Wakatobi

Sulawesi Barat
- Mamuju Tengah

Papua
- Jayawijaya
- Puncak Jaya
- Boven Digul

(jbr/gbr)