DKI Susun Ingub Siapkan Pengungsian Banjir 2 Kali Lipat di Masa Pandemi

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 13:05 WIB
Banjir rob merendam kawasan Pelabuhan Nizam Zachman, Muara Baru, Jakarta Utara, Jumat (5/6). Ketinggian air rata-rata mencapai 50 cm.
Ilustrasi suasana banjir rob di Muara Baru, Jakarta Utara. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta tengah menyusun instruksi gubernur (ingub) untuk menyiapkan lokasi pengungsian banjir menjadi duakali lipat. Tempat pengungsian ditambah menjadi dua kali lipat itu untuk mencegah penularan virus Corona.

"Untuk mengantisipasi pandemi COVID, wilayah diminta menyiapkan lokasi pengungsian dua kali lipat dari sebelumnya. Namun saat ini belum dilakukan inventarisasi karena baru akan disiapkan ingubnya. Lokasi pengungsi alternatif dua kali lipat dari yang ada," ujar Kapusdatin Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta M Insaf kepada wartawan, Selasa (29/9/2020).

Menurutnya, penanganan banjir saat pandemi COVID-19 berbeda dari sebelumnya. Sebab, tempat pengungsian berpotensi menjadi tempat penularan virus Corona karena adanya kerumunan dalam satu lokasi.

"Penanganan musibah banjir perlu siasat berbeda. Karena di tempat pengungsian sangat berpotensi terjadi penyebaran penyakit, sehingga protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 juga akan diterapkan di tempat pengungsian," kata Insaf.

Insaf menerangkan warga nantinya akan diminta menjaga jarak ketika berada di pengungsian. Selain itu, kata dia, pengungsi akan diminta selalu menggunakan masker ketika berada di pengungsian.

"Selain menjaga jarak, warga harus menggunakan masker dan menjaga kebersihan," ucap Insaf.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta masyarakat bersiap memasuki musim hujan. Pihaknya juga akan menyiapkan lokasi pengungsian dengan jumlah dua kali lipat.

"Kami juga sudah menyiapkan titik-titik jumlah penampungan yang jumlahnya dua kali lipat karena ini masa pandemi COVID jadi kita tetap memperhatikan protokol COVID, kemudian juga jajaran kami sudah siap," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (21/9).

Simak juga video 'Saksi Mata: Menelusuri Penyebab Banjir Bandang di Sukabumi':

[Gambas:Video 20detik]



(man/dkp)