Member MeMiles Gugat Polda Jatim dkk Rp 580 Miliar

Andi Saputra - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 12:33 WIB
Barang bukti kasus investasi bodong MeMiles kini mencapai Rp 147 miliar. Sebelumnya ada tambahan Rp 3,5 miliar dari rekening Ari Haryo Wibowo Harjojudanto atau Ari Sigit.
Barang bukti kasus investasi bodong MeMiles kini mencapai Rp 147 miliar. (Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Jakarta -

Bos MeMiles, Kamal Tarachand Mirchandani alias Sanjay, divonis bebas Pengadilan Negeri Surabaya. Dirut PT Kam and Kam itu dinyatakan tidak menggunakan skema Ponzi dalam bisnisnya sehingga tidak bersalah. Di sisi lain, member juga menggugat proses hukum itu.

Sebagaimana dikutip dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Jakarta Utara (SIPP PN Jakut), Selasa (29/9/2020), gugatan itu terdaftar dengan nomor perkara 75/Pdt.G/2020/PN Jkt.Utr. Duduk sebagai penggugat sebanyak 28 member MeMiles.

Mereka menggugat Tergugat I Sanjay, Tergugat II Polda Jatim, dan Tergugat III Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Member meminta Sanjay tetap menjalankan MeMiles atau mengembalikan total top up nasabah, yaitu Rp 530 miliar. Member juga meminta ganti rugi materiil dan imateriil kepada Sanjay, Polda Jatim, dan OJK.

"Secara tanggung renteng membayar kerugian yang dialami seluruh penggugat, baik material maupun immaterial sebesar Rp 580.483.050.000.- (lima ratus delapan puluh milyar empat ratus delapan puluh tiga juta lima puluh ribu rupiah)," demikian bunyi petitum nomor 7.

Mereka juga menggugat Polda Jatim untuk membebaskan Sanjay. Harapan itu terkabul meski lewat jalur pidana, yaitu PN Surabaya memvonis bebas Sanjay pada Kamis (24/9) kemarin.

Kasus MeMiles awalnya dibongkar saat Polda Jawa Timur mendapati investasi MeMiles yang belum berizin pada akhir 2019. Polda Jatim menahan Sanjay dan 4 tersangka lain. Kemudian Polda memeriksa banyak saksi, termasuk para pesohor, mulai dari kalangan artis hingga Keluarga Cendana.

Direskrimsus Polda Jatim Kombes Gidion Arif Setyawan kala itu menyatakan memanggil tiga anggota Keluarga Cendana yang diduga terlibat dalam aplikasi bodong MeMiles yang menghimpun uang masyarakat sampai Rp 750 miliar ini.

Selain Keluarga Cendana, ada 13 artis yang diduga terlibat MeMiles akan dipanggil sebagai saksi. Beberapa artis juga telah dimintai keterangan. Namun, pada 24 September 2020, PN Surabaya memvonis bebas Sanjay.

"Membebaskan Terdakwa Kamal Tarachand Mirchandani Als Sanjay dari seluruh dakwaan Penuntut Umum tersebut. Memulihkan hak Terdakwa Kamal Tarachand Mirchandani Als Sanjay dalam kedudukan, kemampuan dan harkat serta martabatnya semula," demikian bunyi putusan PN Surabaya yang diketok oleh majelis dengan ketua Johanis Hehamony serta anggota majelis Ni Made Purnami dan Martin Ginting.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut pihaknya masih menunggu putusan inkrah atau berkekuatan hukum tetap untuk perkara ini. Truno menambahkan, jika sudah inkrah, pihaknya akan memutuskan apakah penyidikan TPPU MeMiles dilanjutkan atau tidak.

"Kan masih ada kasasi. Jadi, untuk TPPU-nya kita menunggu inkrah dulu," kata Truno saat dikonfirmasi di Surabaya, Senin (28/9).

Simak video 'Cucu Soeharto Akui Jadi Member MeMiles':

[Gambas:Video 20detik]



(asp/elz)