Satgas COVID-19 Klaim Operasi Yustisi Bikin Perilaku Warga Medan Berubah

Datuk Haris Molana - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 16:36 WIB
Operasi Yustisi di Medan (Ahmad Arfah-detikcom)
Operasi Yustisi di Medan (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Satgas COVID-19 Medan mengklaim ada perubahan perilaku warga seusai operasi yustisi protokol kesehatan pencegahan virus Corona digelar selama 2 pekan. Warga disebut mulai sadar pentingnya mematuhi protokol pencegahan penyebaran virus Corona.

"Kalau melihat hasilnya ya kita belum bisa kita nilai langsung. Jadi, yang pasti kita sudah mengimbau, memberikan sanksi, itu malah pada mereka supaya dijalankan. Cuma hasilnya ya pada saat ini sudah ada perubahan," kata juru bicara Satgas COVID-19 Medan, Mardohar Tambunan, kepada wartawan, Senin (28/9/2020).

Mardohar mengatakan operasi yustisi tidak ditujukan untuk langsung menurutkan angka pertambahan kasus baru Corona di Medan. Dia mengatakan operasi yustisi ditujukan agar warga sadar pentingnya memakai masker hingga menjaga jarak demi mencegah Corona.

"Kasusnya kan bukan itu yang jadi patokan. Kasusnya itu kan sekarang mungkin masyarakatnya tambah sadar," tuturnya.

Dia juga mengingatkan warga hingga para pasangan calon di Pilkada Medan agar tetap mematuhi protokol kesehatan terkait pencegahan Corona. Menurutnya, kepatuhan terhadap protokol kesehatan menjadi salah satu bentuk kepedulian para paslon kepada warga.

"Calon yang baik itu yang kita inginkan untuk dapat memimpin Kota Medan ini adalah dia mampu mengimplementasikan kegiatannya itu dengan namanya protokol kesehatan yang saat ini pandemi COVID. Inilah calon-calon, orang yang betul peduli, yang sayang masyarakatnya," tuturnya.

Operasi yustisi telah digelar oleh petugas gabungan dari polisi, TNI hingga Satpol PP di Medan sejak Senin (14/9). Warga yang tak memakai masker disidang dan diberi sanksi berupa penahanan KTP ataupun membersihkan lingkungan.

Sementara itu, kasus positif Corona di Medan terus mengalami kenaikan. Hingga Minggu (27/9), terdapat 5.405 kasus positif Corona di Medan. Sebanyak 3.195 orang di antaranya sehat dan 234 orang meninggal dunia.

(haf/haf)