Ketua KPI Agung Suprio Terima Tanda Kehormatan Satyalencana Bidang Postel

Mochamad Zhacky - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 14:34 WIB
Ketua KPI Agung Suprio dianugerahi penghargaan Satyalencana Wirakarya.
Foto: Ketua KPI Agung Suprio dianugerahi penghargaan Satyalencana Wirakarya. (Dok:Istimewa)
Jakarta -

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Agung Suprio dianugerahi penghargaan Satyalencana Wirakarya. Agung dinilai telah berjasa menginisiasi penyiaran digital di wilayah perbatasan Indonesia.

Penghargaan tersebut diberikan dalam upacara peringatan Hari Bakti Postel (pos dan telekomunikasi) ke-75 yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Senin (28/9/2020). Agung menerima penghargaan tersebut secara langsung dari Menkominfo Johnny G Plate.

Ketua KPI Agung Suprio dianugerahi penghargaan Satyalencana Wirakarya, Senin (28/9/2020).Foto: Ketua KPI Agung Suprio dianugerahi penghargaan Satyalencana Wirakarya. (Dok:Istimewa)

Agung mengatakan kedaulatan dan rasa nasionalisme di wilayah perbatasan sangat berkaitan dengan adanya penyiaran nasional. Menurutnya, salah satu upaya menghadirkan penyiaran nasional di wilayah perbatasan dan wilayah tak terjangkau siaran adalah dengan penyiaran digital.

"Hadirnya siaran lewat penyiaran digital ini sekaligus dapat menunjang kegiatan perekonomian dan berperan vital dalam hal edukasi masyarakat," kata Agung usai upacara.

Agung bersama dengan Kemkominfo dan TVRI telah melaksanakan penyiaran digital di empat daerah perbatasan, yakni Nunukan, Atambua, Sungai Pakning dan Balai Karangan. Dia merupakan inisiator penyiaran digital di wilayah perbatasan pada tahun 2017.

"Kami berharap ke depan akan banyak daerah-daerah lain terdepan atau yang berbatasan dengan negara lain dapat menikmati penyiaran digital. Kami akan terus mengupayakan dan mendorong hal itu, agar keadilan memperoleh informasi untuk warga negara dapat terpenuhi," sebutnya.

(zak/fjp)