Menko Airlangga: Pemerintah Siapkan Perpres-Dashboard untuk Vaksin Corona

Tim detikcom - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 11:20 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan keterangan pers skenario pemulihan ekonomi terkait Corona. Skenario pemulihan ekonomi disiapkan hingga tahun depan.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah mengungkapkan perkembangan vaksin virus Corona (COVID-19). Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah sedang mempersiapkan Peraturan Presiden (Perpres) hingga dashboard (pedoman) terkait vaksinasi virus Corona.

"Kemudian kami melaporkan juga terkait rencana vaksinasi, di mana rencana vaksinasi dipersiapkan, pemerintah sudah menyiapkan Perpres," kata Airlangga dalam jumpa pers virtual di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (28/9/2020).

Selain itu, Airlangga mengatakan pemerintah mempersiapkan roadmap (peta) program vaksinasi. Airlangga mengatakan di dalam pedoman program vaksin itu dipersiapkan siapa yang akan mendapatkan bagaimana efektivitasnya.

"Kemudian roadmap, Perpres, roadmap terkait vaksinasi, kemudian juga sedang disebut dashboard untuk tracing daripada vaksin program. Di mana nanti dalam vaksin itu diperlukan tracing siapa yang mendapatkan dan bagaimana efektivitasnya," ujar Ketum Partai Golkar itu.

Untuk tahun ini, pemerintah mempersiapkan dana sebesar Rp 3 triliun untuk program vaksinasi. Sedangkan tahun depan, pemerintah mempersiapkan dana sebesar Rp 18 triliun dari APBN.

"Dan juga ada kebutuhan dana vaksin yang sudah disiapkan untuk tahun ini sebesar Rp 3,8 triliun dan APBN 2021 disiapkan Rp 18 triliun. Dan beberapa kerja sama nanti dijelaskan Menteri Luar Negeri namun beberapa yang sudah juga melakukan MoU bersama," imbuhnya.

Pemerintah Siapkan Perpres dan Dashboard untuk Vaksin Corona:

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/imk)