Jokowi: Kesembuhan COVID-19 RI di Bawah Dunia, Ikuti Standar Pengobatan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 09:52 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan kepada gubernur mengenai pengendalian pandemi virus Corona dan pemulihan ekonomi.
Presiden Jokowi (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan angka kesembuhan dari virus Corona (COVID-19) di Indonesia berada di bawah angka global. Jokowi menekankan standar pengobatan COVID-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) harus diterapkan.

"Kemudian rata-rata kesembuhan di negara kita yaitu 73,76%, ini sedikit lebih rendah dibandingkan kesembuhan dunia di angka 73,85%," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas yang disiarkan di akun YouTube Setpres, Senin (28/9/2020).

Jokowi menegaskan standar pengobatan untuk pasien COVID-19 harus mengikuti pedoman dari Kementerian Kesehatan. Standar itu harus diterapkan di semua tempat perawatan hingga wisma karantina.

"Oleh sebab itu, saya tadi malam mendapatkan laporan dari wakil ketua komite dan juga dari menteri kesehatan bahwa standar untuk pengobatan semuanya sudah diperintahkan untuk mengacu pada standar yang diberikan oleh Kemenkes, baik itu di ICU, di ruang isolasi, dan wisma karantina," katanya.

Jokowi menegaskan penerapan standar pengobatan itu penting diterapkan. Jadi diharapkan standardisasi itu dapat menekan angka kematian dan meningkatkan angka kesembuhan dari virus Corona.

"Ini penting sekali sehingga kita harapkan nanti angka kematian akan semakin menurun kemudian angka kesembuhan akan semakin lebih baik lagi," jelasnya.

(lir/imk)