Viral Suami di Sulsel Curhat Istri Meninggal karena COVID, Begini Kisahnya

Hermawan Mappiwali - detikNews
Sabtu, 26 Sep 2020 21:07 WIB
Almarhumah Istri Ihsan, Amirah yang meninggal akibat terpapar virus Corona (COVID-19).
Istri Ihsan, Amirah, yang meninggal akibat terpapar virus Corona (COVID-19) (Foto: dok. Istimewa).

Karena kondisi Amirah terus menurun setelah dipasangi ventilator, perawat mengabari Ihsan memintanya untuk berdoa. Hingga akhirnya pada 23 September pukul 17.30 Wita Ihsan mendapat kabar istrinya meninggal dunia.

"Jadi saya ke sana, jadi saya minta izin, karena wasiat istri saya, kalau beliau meninggal dan saya masih hidup, sayalah yang bersihkan jenazahnya. Alhamdulillah saya diizinkan. Jadi saya dipakaikan APD yang begitu rumit, itu butuh waktu 30 menit karena berlapis-lapis," tuturnya.

Ihsan pun menceritakan saat-saat dia mengurus jenazah almarhumah sang istri dengan alat pelindung diri (APD) yang lengkap.

"Bagaimana tegangnya masuk di sana, bagaimana perasaan saya pertama kali lihat wajah istri saya yang seperti biasa saja, seperti saat saya buka pintu kamar sewaktu dia masih hidup, kemudian saya salatkan, keluarganya ikut, pintu pemulasaraan jenazah dibuka, keluarganya diundang dari balik pintu supaya ikut salat jenazah," ungkapnya.

"Kemudian saya mandi, proses disinfektasi, sesuai prosedur, setelah itu saya ikut rombongan ke pemakaman Macanda, cuma tidak bisa masuk jadi kita berdoa dari gerbang. Pemakamannya itu pukul 22.55 Wita malam di hari Rabu itu, cuma 10 menit saja saya pulang ke rumah di Gowa di tempat isolasi saya," lanjutnya.

Almarhumah Amirah dimakamkan di pemakaman khusus COVID-19 di Gowa pada Rabu (23/9). Almarhumah juga meninggalkan seorang putri.

Halaman

(nvl/idh)