Cuti untuk Maju Pilgub Jambi, Fachrori Diminta Tak Pakai Fasilitas Negara

Ferdi Almunanda - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 16:28 WIB
Wagub Jambi Usai Jalani Pemeriksaan di KPK

Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Kamis (4/1/2018). Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar memenuhi panggilan KPK terkait kasus suap pemulusan pengesahan APBD. Fachrori diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Asisten Daerah III Pemprov Jambi Saifudin. Grandyos Zafna/detikcom
Gubernur Jambi Fachrori Umar (Grandyos Zafna/detikcom)
Jambi -

Fachrori Umar resmi menjalankan cuti sebagai Gubernur Jambi setelah kembali mengikuti perhelatan Pilgub Jambi 2020. Mendagri Tito Karnavian menunjuk Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan di BNPP, yakni Restu Ardy Daud, sebagai Pjs Gubernur Jambi.

"Selama masa kampanye berlangsung di Pilkada Jambi, maka kepemimpinan Jambi diambil alih oleh Pjs Gubernur yakni Bapak Restu Ardy Daud," kata Karo Humas Pemprov Jambi, Johansyah, Jumat (25/9/2020).

Masa cuti ini akan dilakukan sejak 26 September hingga 5 Desember 2020. Per tanggal itu tugas kepemimpinan Fachrori diambil alih oleh Restu Ardy Daud.

Selama menjalankan cuti, Fachrori juga dilarang menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatannya. Selama masa kampanye, semua kegiatannya pun tidak dibebani oleh negara.

"Bapak Fachrori sudah komitmen tidak akan menggunakan fasilitas negara selama cuti. Apalagi Bawaslu selalu mengawasi," ujar Johansyah.

Diketahui Fachrori Umar kembali maju di Pilgub Jambi 2020 dengan berpasangan bersama seorang jenderal polisi bintang dua Syafril Nursal. Ia kembali maju sebagai calon petahana dengan diusung Gerindra, Hanura, Demokrat, dan PPP.

Selain Fachrori, Bupati Merangin Jambi Al Haris ikut dalam kontestasi politik 5 tahunan itu. Haris, yang juga sudah menjalankan cuti tugas sebagai bupati, maju di Pilkada Jambi dengan berpasangan bersama Abdullah Sani. Paslon ini diusung PKS, PKB, dan PAN.

Kemudian Bupati Sarolangun Cek Endra juga ikut dalam perhelatan Pilkada Jambi. Ia juga nantinya akan melakukan cuti tugas sebagai kepala daerah di masa kampanye. Cek Endra maju Pilkada Jambi dengan berpasangan bersama ibu tiri Zumi Zola, Ratu Munawaroh.

Tonton juga 'KPU Jelaskan Protokol Kesehatan Pilkada 2020':

[Gambas:Video 20detik]

(jbr/jbr)