Round-Up

Pro Kontra Usulan Fadli Zon Ganti Sumbar Jadi Minangkabau

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 06:35 WIB
Waketum Partai Gerindra Fadli Zon kembali menyindir Presiden Jokowi dalam sebuah diskusi di Seknas Prabowo-Sandi.
Fadli Zon. (Foto: Grandyos Zafna)

PKB: Jawa Barat Diganti Sunda?

Wakil Ketua Komisi II DPR dari F-PKB Yaqut Cholil Qoumas menilai identitas etnis tidak perlu terlalu ditonjolkan dalam nama provinsi.

"Jawa Barat diganti Sunda? Geografis, demografis, dan lain-lain juga harus dipertimbangkan. Janganlah identitas etnis terlalu ditonjolkan," kata Yaqut kepada wartawan, Kamis (24/9/2020).

"Mari melihat Indonesia sebagai sebuah kesatuan utuh dan Minangkabau sebagai bagian dari sejarah bangsa-bangsa di Nusantara yang kini melebur dalam satu negeri, Indonesia," imbuhnya.

Di sisi lain, Yaqut mengatakan ada hal yang lebih penting bagi masyarakat Sumatera Barat. Menurutnya, kesejahteraan masyarakat perlu lebih diperhatikan.

Menurut Yaqut, belum ada urgensi mengganti nama Provinsi Sumbar menjadi Minangkabau. Namun ia menilai usulan itu bisa dikaji jika diperlukan.

"Namun saya mengingatkan, yang lebih penting dan saya kira juga diperlukan masyarakat Sumatera Barat saat ini adalah bagaimana kesejahteraan masyarakat di sana semakin membaik, dan dalam situasi pandemi COVID-19 seperti sekarang ini semua terbebas dari ancaman virus tersebut," ujar Yaqut.

Halaman

(aan/idn)