Maju Pilgub, Haris-Sani Bakal Bangun Jambi Timur, Tengah & Barat

Ferdi Almunanda - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 23:00 WIB
Pasangan calon Al Haris-Abdullah Sani
Foto: Pasangan calon Al Haris-Abdullah Sani
Jambi -

Pasangan calon Al Haris-Abdullah Sani mendapatkan nomor urut 3 di pencabutan nomor Pilgub Jambi 2020. Paslon yang diusung tiga partai militan PKS, PKB dan PAN itu maju pilgub Jambi dengan memiliki konsep pembangunan ekonomi mulai dari wilayah timur, tengah dan barat.

"Di wilayah Jambi bagian timur ini merupakan wilayah pesisir yang memiliki sumber daya alam laut yang banyak. Potensi SDM yang melimpah di laut juga sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat pesisir. Sektor kelautan disana sangat diandalkan masyarakat sehingga mereka lebih dominan menonjolkan hidup dari nelayan itu untuk bagian timur," kata Al Haris usai pencabutan nomor urut, Kamis (24/9/2020).

Bupati Merangin dua periode itu juga menyebutkan untuk wilayah Jambi tengah, konsep yang diambil mereka adalah pengembangan layanan jasa dan industri. Tidak hanya itu, paslon yang telah berpengalaman di bidang pemerintahan ini akan meningkatkan sistem pendidikan di Jambi.

"Untuk wilayah Jambi bagian tengah akan kita tingkatkan perekonomiannya melalui jasa dan industri. Di teori ekonomi, bagaimana uang berputar di wilayah tersebut tinggal kita kembangkan saja nantinya," ujarnya.

Selain meningkatkan perekonomian dan pendidikan di Jambi, Al Haris memiliki konsep pembangunan infrastruktur, yang nantinya membuat akses jalan wilayah Jambi bagian barat akan lebih baik lagi. Bahkan, ia juga memprioritasi akses jalan Kerinci-Padang dan Bengkulu.

Tidak hanya pembangunan infrastruktur, perekonomian di bidang perkebunan juga akan ditingkatkan yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat di Jambi.

"Saya ini kelahiran Jambi, dan saya juga paham wilayah Jambi ini, saya juga tahu bagaimana cara mengembangkan wilayah Jambi ini. Doakan saja semua konsep ini akan berjalan," ujarnya.

Sementara itu Direktur Media dan Publikasi Haris, Musri Nauli mengatakan paslon Al Haris-Sani memiliki program yang terbilang baik untuk kebutuhan masyarakat Jambi.

Ia juga menyebutkan paslon nomor urut 3 ini ingin menyejahterakan masyarakatnya, baik di bidang perekonomian, kemaritiman, maupun pendidikan.

"Nah untuk di pendidikan, ia akan memberikan beasiswa kepada anak-anak yang cerdas dan masyarakat yang kurang mampu. Bahkan, paslon ini juga akan mendata murid dan siswa untuk lebih diperketat sehingga tidak terjadi lagi pembagian beasiswa yang salah sasaran," ujar Musri.

Musri menambahkan paslon Haris-Sani juga memiliki program keagamaan serta program peningkatan olahraga dengan membentuk lokasi Islamic Center dan Sport Center di Jambi.

"Keagamaan ini terutama seperti sore mengaji. Sore mengaji ini untuk anak-anak biar mereka mengaji sore di musala maupun masjid-masjid. Yang mana untuk guru mengajinya itu akan mendapatkan biaya honor di mana honor itu ditanggung oleh pemerintah, jadi masyarakat yang menginginkan anaknya mengaji tak perlu memikirkan biaya, pemerintah akan menanggungnya untuk meningkatkan keagamaan anak di usia dini," kata Musri.

(mul/mpr)