33 Paslon Ditetapkan Jadi Peserta 9 Pilkada Se-Riau

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 18:33 WIB
ilustrasi pilkada serentak 2015
Foto Ilustrasi Pilkada (Zaki Alfarabi/detikcom)
Pekanbaru -

KPU Riau mengatakan ada 33 pasangan calon yang telah ditetapkan sebagai peserta di 9 Pilkada se-Riau. Ada 1 bakal paslon yang masih tertunda penetapannya karena positif Corona alias COVID-19.

"Semuanya MS atau memenuhi syarat. Hanya satu ditunda, karena masih belum diproses di tahap yang tertunda itu, (di) Meranti (Kabupaten Kepulauan Meranti)," kata anggota KPU Riau, Nugroho Noto Susanto, kepada wartawan, Kamis (24/9/2020).

Dia mengatakan satu bakal paslon yang tertunda proses pemeriksaan berkas, kesehatan, hingga penetapannya itu adalah Said Hasyim dan Abdul Rauf. Abdul Rauf, yang merupakan bakal calon wakil bupati, terkonfirmasi COVID-19.

"Sebelumnya terkonfirmasi COVID-19. Namun, sore ini belum lama baru dapat info dia sudah hasil swab dinyatakan negatif. Artinya dia sudah bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya," kata Nugroho.

Paslon yang tertunda ini bakal mengikuti tes kesehatan susulan di rumah sakit. Setelah itu, KPU bakal melakukan pemeriksaan kelengkapan berkas.

"Nanti, KPU akan mengeluarkan surat pengantar untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan di rumah sakit umum daerah Arifin Achmad (di Pekanbaru). Karena dia yang tertunda pada saat itu pemeriksaan kesehatan. Setelah itu dilakukanlah pemeriksaan dokumen calon, apakah ijazahnya, apakah utangnya, SKCK-nya. Ini dalam tempo 20 hari sejak pemeriksaan kesehatan," kata Nugroho.

Darai 9 kabupaten dan kota di Riau yang melaksanakan Pilkada, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menjadi daerah dengan paslon terbanyak. Ada 5 paslon di Inhu.

"Terbanyak Kabupaten Indragiri Hulu dengan 5 pasangan calon," kata Nugroho.

Salah satu Pilkada yang menjadi perhatian di Riau adalah Pilkada Bengkalis. Ada 4 paslon yang berlaga di Pilkada Bengkali, berikut nomor urutnya:

1. Kasmarni (Istri Bupati Bengkali nonaktif Amril Mukminin)-Bagus Santoso

2. Abi Bahrum-Herman

3. Kaderismanto-Sri Barat (Iyeth Bustami),

4. Indra Gunawan alias Eet (Ketua DPRD Riau)-Samsu Dalimunte.

(cha/haf)