Satgas COVID-19: Belajar dari 3 Provinsi Penyumbang Kesembuhan Tertinggi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 17:33 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito.
Wiku Adisasmito (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Pemerintah mengungkapkan Maluku Utara, Gorontalo, dan Kalimantan Utara sebagai tiga provinsi dengan persentase tertinggi kasus sembuh Corona. Pemerintah meminta daerah lain belajar dari penanganan daerah itu.

"Secara nasional pada pekan ini, jumlah kesembuhan mengalami kenaikan. Dan angkanya cukup besar, yaitu 35,8 persen dibandingkan pekan sebelumnya. Persentase kesembuhan nasional terus mengalami peningkatan dibandingkan pada saat pandemi di Indonesia dan di bulan Agustus kita telah berhasil mencapai kesembuhan 72,87 persen, di mana angka ini merupakan pencapaian yang positif karena melebihi angka di dunia," kata juru bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito melalui siaran YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (24/9/2020).

Provinsi dengan persentase kesembuhan tertinggi:

1. Maluku Utara: 89,71%
2. Gorontalo: 87,19%
3. Kalimantan Utara: 86,09%
4. Kep. Bangka Belitung: 84,89%
5. Sulawesi Utara: 83,51%

Penyumbang angka kesembuhan tertinggi yaitu:

1. DKI Jakarta naik 1.540 kesembuhan
2. Jawa Barat naik 1.093 kesembuhan
3. Jawa Tengah naik 8.045 kesembuhan
4. Aceh naik 730 kesembuhan
5. Kepulauan Riau naik 247 kesembuhan

Namun Wiku meminta pemerintah daerah tidak berpuas diri dengan capaian angka kesembuhan itu. Dia meminta agar tetap waspada dengan peningkatan kasus yang terus naik.

"Walau demikian, janganlah kita berpuas diri karena pencapaian positif harus kita tingkatkan terus-menerus dan dipertahankan agar provinsi-provinsi tersebut dapat terbebas dari pandemi COVID-19. Kita tetap waspada dengan angka kasus yang terus meningkat. Ini adalah hal yang perlu menjadi perhatian, yang terbaik bagi kita harus bisa meningkatkan angka kesembuhan dan menekan angka kasus," katanya.

Selain itu, Wiku mengungkapkan data kabupaten/kota yang memiliki angka kesembuhan hampir 70 persen serta 25 kabupaten/kota yang berhasil mencapai angka 100 persen kesembuhan.

"Di tingkat kabupaten/kota, dari total 514 kabupaten/kota di Indonesia, hampir 70 persen memiliki persentase kesembuhan di atas 50 persen. Selain itu, terdapat 25 kabupaten/kota dengan persentase kesembuhan 100 persen," katanya.

"Kami mengapresiasi capaian ini dan hal ini menunjukkan bahwa sinergi antara pemerintah dan masyarakat dapat berkontribusi terhadap peningkatan angka kesembuhan ini. Jangan berpuas diri dan tetap jalankan protokol kesehatan," sambungnya.

Kabar Gembira! Angka Kesembuhan Pasien Corona di RI Terus Naik:

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2