Skandal Korupsi e-KTP, Vonis Eks Dirjen Dukcapil Juga Disunat MA

Andi Saputra - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 16:46 WIB
Mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman
Mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Vonis mantan Direktur Pengelolaan Informasi dan Administrasi Ditjen Dukcapil Sugiharto disunat dari 15 tahun penjara menjadi 10 tahun penjara di skandal korupsi e-KTP. Ternyata Mahkamah Agung (MA) juga menyunat hukuman mantan Dirjen Dukcapil Irman dalam kasus yang sama.

Awalnya Irman dihukum 15 tahun penjara di kasus korupsi e-KTP. Di tingkat peninjauan kembali (PK), hukuman itu disunat.

"Menjatuhkan pidana kepada terpidana Irman oleh karena itu dengan pidana penjara selama 12 tahun dan denda Rp 500 juta dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar, maka diganti dengan pidana kurungan 8 bulan," kata jubir MA hakim agung Andi Samsan Nganro kepada detikcom, Kamis (24/9/2020).

Duduk sebagai ketua majelis adalah hakim agung Suhadi dengan anggota Krisna Harahap dan Sri Murwahyuni. Irman juga dijatuhi hukuman tambahan untuk membayar uang pengganti USD 500 ribu dan Rp 1 miliar. Irman sudah mengembalikan USD 300 ribu ke KPK.

"Jika terpidana tidak membayar uang pengganti paling lama dalam waktu 1 bulan sesudah putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya dapat disita oleh jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut. Dalam hal terpidana tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti, maka dipidana penjara selama 5 tahun," ucap Andi Samsan.

Awalnya, Irman dan Sugiharto dihukum 7 tahun penjara di tingkat pertama dan banding. Oleh Artidjo Alkostar dkk, hukuman keduanya diperberat menjadi 15 tahun penjara. Total uang yang dikorupsi di kasus itu lebih dari Rp 2 triliun.

Sejumlah nama juga telah divonis karena korupsi proyek e-KTP, di antaranya:

- Mantan Ketua DPR/Ketua Partai Golkar, Setya Novanto dihukum 15 tahun penjara.
- Pengusaha Andi Narogong dihukum 15 tahun penjara.
- Mantan anggota DPR Markus Nari dihukum 8 tahun penjara.
- Mantan anggota DPR Miryam S Haryani dihukum 5 tahun penjara karena memberikan kesaksian palsu di sidang Sugiharto-Irman.
- Mantan Dirjen Dukcapil Irman dihukum 12 tahun penjara.
- Mantan Direktur Pengelolaan Informasi dan Administrasi Ditjen Dukcapil Sugiharto dihukum 10 tahun penjara.

(asp/zak)