Dijanjikan SK PNS, 5 Guru Honorer di Papua Ditipu Orang Ngaku dari Disdik

Saiman - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 13:24 WIB
Ilustrasi Penipuan
Ilustrasi Penipuan (Mindra Purnomo/detikcom)
Timika -

Lima guru honorer di salah satu SD di Timika, Papua, ditipu oleh orang yang mengaku sebagai pegawai dinas pendidikan. Modus pelaku adalah menjanjikan SK PNS bagi para guru honorer tersebut.

Kasat Reskrim Polres Mimika AKP Hermanto mengatakan awalnya 5 guru honorer itu ditelepon oleh seseorang yang mengaku sebagai pegawai dinas pendidikan. Pelaku meminta korban mengirimkan uang untuk pengurusan SK PNS agar segera diterbitkan.

Tergiur dengan janji pelaku, korban pun mengirimkan uang tersebut. Namun nyatanya SK tak kunjung diterima. Akhirnya 5 guru honorer itu melapor ke polisi.

"Jadi guru ditelepon oleh orang yang mengaku dari dinas pendidikan untuk mengirimkan sejumlah uang, biar cepat keluar SK PNS," kata AKP Hermanto kepada wartawan, Kamis (24/9/2020).

Kepada polisi, korban mengaku telah mentransfer uang kepada pelaku. Jumlah uang yang dikirimkan korban beragam, dari Rp 3 juta hingga Rp 5 juta.

Hermanto mengatakan peristiwa penipuan tersebut sudah terjadi dua minggu lalu. Polisi kini sudah bergerak melakukan penelusuran.

"Kami sudah melakukan penelusuran terhadap nomer pelaku, setelah kami coba penelusuran orang nomer tersebut ada di Kalimantan," ujar Hermanto.

(knv/knv)