Kejagung Segera Limpahkan Tahap I Kasus Djoko Tjandra dan Teman Dekat Pinangki

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 13:18 WIB
Djoko Tjandra.
Djoko Tjandra (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin menjelaskan perkembangan kasus dugaan suap Joko Sugiarto Tjandra (JST) atau Djoko Tjandra yang menyeret jaksa Pinangki Sirna Malasari dan teman dekatnya, Andi Irfan Jaya. Kejaksaan Agung (Kejagung) segera melimpahkan berkas perkara Djoko Tjandra dan Andi Irfan Jaya (AIJ) ke tahap I.

"Rabu kemarin sudah dibacakan dakwaan atas nama Pinangki di Pengadilan Tipikor oleh jaksa penuntut umum. Untuk perkara JST dan AIJ masih dalam proses penyidikan, dan dalam waktu dekat kami serahkan ke tahap I," kata Burhanuddin dalam rapat bersama Komisi III DPR, Kamis (24/9/2020).

Pinangki diketahui telah menghadapi sidang dakwaan pertamanya, Rabu (23/9) kemarin. Burhanuddin juga menjelaskan soal perkembangan kasus surat jalan Djoko Tjandra dan pengacaranya, Anita Kolopaking.

"Perkara pemalsuan surat jalan kasus JST saat ini dalam tahap penyidikan, dan kami belum menerima berkas perkaranya," ujar Burhanuddin.

"Perkara atas nama tersangka ADK (Anita Kolopaking) terkait dengan pemalsuan surat jalan, saat ini masih dalam penyidikan," lanjut dia.

Diketahui, Djoko Tjandra diduga sebagai pemberi suap ke jaksa Pinangki Sirna Malasari. Djoko Tjandra dijerat dengan sangkaan Pasal 5 ayat 1 huruf a dan Pasal 5 ayat 1 huruf b dan Pasal 13 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Pemberian suap diduga berkaitan dengan permohonan peninjauan kembali (PK) dan pengurusan fatwa ke Mahkamah Agung (MA) agar Djoko Tjandra tidak dipenjara sebagai terpidana kasus hak tagih Bank Bali. Andi Irfan Jaya diduga sebagai perantara suap dari Djoko Tjandra ke Pinangki.

(azr/elz)