3 Paslon Resmi Ditetapkan Jadi Peserta Pilwalkot Samarinda 2020

Suriyatman - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 19:12 WIB
KPU Samarinda
KPU Samarinda (Suriyatman/detikcom)
Samarinda -

KPU Samarinda menetapkan tiga pasangan calon (paslon) yang memenuhi syarat sebagai peserta Pilwalkot Samarinda 2020. Keputusan ini ditetapkan dalam rapat pleno KPU yang digelar hari ini.

"Kami sudah melakukan penelitian secara cermat dan teliti terhadap semua dokumen persyaratan yang diajukan masing-masing pasangan calon dan tadi kami sudah melakukan pleno secara tertutup dan telah menyimpulkan dan menetapkan tiga pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang akan menjadi peserta pemilu," kata Ketua KPU Kota Samarinda Firman Hidayat, Rabu (23/9/2020).

Hasil rapat pleno itu tertuang dalam surat keputusan bernomor 153.PL.02.3-Kpt/6472/KPU.Kot/IX/2020. Adapun ketiga paslon yang telah ditetapkan adalah Andi Harun-Rusmadi, Zairin Zain-Sarwono, dan M Barkati-M Darlis.

Setelah diumumkan hari ini, tiga paslon akan mengikuti pengundian nomor urut. Agenda digelar secara tertutup.

"Besok agendanya pasangan calon yang sudah kami tetapkan ini akan kami undang untuk pengundian nomor urut di Hotel Harris pada pukul 09.00 Wita. Namun agenda besok sifatnya tertutup mengingat keharusan mematuhi protokol kesehatan," kata Firman.

"Dan sudah kami tegaskan bahwa pasangan calon dilarang membawa pendukung atau tim suksesnya, masing-masing calon hanya boleh datang berlima dan kami sudah koordinasi dengan aparat kepolisian, jika ada yang membawa massa, akan dibubarkan," sambung Firman.

(knv/knv)