Bupati PALI Sembuh dari Corona, Penetapan Calon Pilkada Tunggu Tes Kesehatan

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 18:00 WIB
Bupati PALI, Heri Amalindo (dok. Istimewa)
Foto: Bupati PALI, Heri Amalindo saat menjalani perawatan COVID-19 (dok. Istimewa)
Jakarta -

KPU Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) di Sumatera Selatan menetapkan satu calon peserta Pilkada serentak 2020. Pasangan lainnya, Heri Amalindo dan Soemarjono, kini belum ditetapkan calon karena Heri baru sembuh akibat terpapar COVID-19.

"Hari ini kami telah menetapkan satu dari dua calon peserta Pilkada Serentak 2020. Pasangan yang ditetapkan adalah paslon Devi Heriyanto dan Dermadi," ucap Ketua KPU PALI, Sunario kepada detikcom, Rabu (23/9/2020).

Sunarip mengatakan Heri baru akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSMH Palembang, Kamis (24/9) besok.

"Untuk Pak Heri dan Soemarjono ini belum ditetapkan karena beliau baru sembuh dari COVID. besok baru cek kesehatan, setelah semua berkas selesai, hasil kesehatan dan semua lengkap baru kita tetapkan," terang Sunario.

Terkait waktu penetapan Heri-Soemarjono sebagai paslon, Sunario menyebut semua tergantung hasil tes kesehatan dan berkas administrasi. Bila semua persyaratan telah lengkap maka akan ditetapkan calon.

"Kalau memenuhi syarat semua baru nanti ditetapkan, berkas tentunya semua masih diteliti keabsahannya. Untuk pak Heri surat kesehatan negatif COVID-19 baru diterima KPU kemarin," tutupnya.

Sebelumnya, Heri Amalindo yang juga Bupati PALI terkonfirmasi positif Corona pada 8 September lalu. Dia kembali mencalonkan diri di Pilkada 2020 untuk periode kedua berpasangan dengan Soemarjono.

Heri Amalindo terkonfirmasi positif setelah dirawat akibat asam lambung di RS Moh Hoesin Palembang. Belakangan hasil swab test memastikan calon petahana ini positif Corona.

(ras/knv)