Pilgub Sumbar Resmi Diikuti 4 Pasangan Calon

Jeka Kampai - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 14:48 WIB
KPU Sumatera Barat resmi menetapkan 4 paslon sebagai peserta Pilkada Sumbar 2020
KPU Sumbar (Foto: Jeka Kampai-detikcom)
Padang -

KPU Sumatera Barat (Sumbar) telah menetapkan empat bakal pasangan calon menjadi pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur untuk Pilkada 2020. Penetapan dilakukan usai KPU Sumbar menggelar rapat pleno.

Keempat Paslon tersebut adalah pasangan Mahyeldi-Audy yang diusung PKS dan PPP, Nasrul Abit-Indra Catri yang diusung Gerindra, Fakhrizal-Genius Umar diusung Golkar, PKB dan Nasdem, serta Mulyadi-Ali Mukhni diusung Demokrat-PAN.

"Sudah kita tetapkan. Empat pasangan calon," kata Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani, saat dimintai konfirmasi, Rabu (23/9/2020).

Penetapan dilakukan dalam rapat pleno tertutup di Gedung KPU Sumbar. Rapat pleno dipimpin Ketua KPU Sumbar, Amnasmen, dan diikuti seluruh komisioner serta Sekretaris KPU Sumbar.

Izwaryani mengatakan penetapan dilakukan setelah semua tahapan perbaikan berkas pencalonan dan pemeriksaan kesehatan Paslon dilakukan. Pengundian nomor urut dilakukan Kamis (24/9).

"Setelah ini, kita akan lakukan pencabutan nomor urut," kata dia.

Pengundian nomor urut dilakukan dengan peserta terbatas. Para peserta diminta mematuhi protokol kesehatan.

"Peserta kita batasi. Itu kami lakukan berdasarkan aturan protokol kesehatan, namun masyarakat bisa melihat langsung melalui siaran langsung televisi atau website KPU Sumbar," kata dia.

(haf/haf)