KPU Resmi Tetapkan 3 Paslon di Pilgub Jambi, Termasuk Petahana

Ferdi Almunanda - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 13:28 WIB
KPU Jambi Nyatakan berkas pendaftaran tiga paslon lengkap (dok istimewa)
Foto: KPU Jambi Nyatakan berkas pendaftaran tiga paslon lengkap (dok istimewa)
Jambi -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jambi mengumumkan ada tiga pasangan calon (paslon) yang akan maju di Pilgub Jambi. Ketiga paslon itu maju setelah berkas pendaftarannya dinyatakan lengkap.

"Berkas semua paslon yang mendaftar dinyatakan lengkap maka dengan ini tiga paslon yang maju di Pilgub Jambi pada 9 Desember 2020 nanti semuanya dinyatakan sah," kata Ketua KPU Jambi, M Subhan kepada wartawan, Rabu (23/9/2020).

Dengan dinyatakan lengkap berkas ketiga paslon ini maka pencabutan nomor urut paslon akan dilanjutkan pada sesi esok hari. Pengumuman kelengkapan berkas paslon ini dilakukan KPU Jambi dengan mematuhi protokol kesehatan.

KPU Jambi juga membatasi jumlah pengunjung saat pengumuman dilakukan. Para paslon yang hadir dalam pengumuman ini juga diminta hanya perwakilannya saja oleh KPU. Hal itu dilakukan lantaran mencegah adanya kerumunan di tengah pandemi virus Corona (COVID-19).

"Untuk pencabutan nomor urut paslon akan kita lakukan esok hari. Nanti pencabutan nomor urut tetap dengan mematuhi protokol kesehatan," ujar Subhan.

Adapun paslon yang maju dalam Pilgub Jambi ini merupakan paslon Al Haris dan Abdullah Sani. Paslon yang diketahui banyak mendapat dukungan oleh ulama Jambi, serta para politik senior Jambi dan juga kaum emak-emak, dan milenial Jambi itu diusung oleh tiga parpol PKS, PKB dan PAN.

Lalu paslon petahana yakni Fachrori Umar dengan seorang Jenderal polisi yaitu Irjen Safril Nursa dengan diusung Hanura, Gerindra, Demokrat serta PPP. Sementara paslon Cek Endra dan ibu tiri Zumi Zola, Ratu Munawaroh juga maju diusung PDIP dan Golkar.

(mae/mae)