Buka Konbes NU, Wapres Ingatkan Pentingnya Penguasaan Teknologi untuk Dakwah

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 11:15 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin
Foto: dok. Setwapres
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin membuka Konferensi Besar (Konbes) Alim Ulama Nahdlatul Ulama (NU). Pada kesempatan tersebut Ma'ruf mengingatkan pentingnya penguasaan teknologi digital dalam dakwah.

"Salah satu tantangan ke depan yang mesti kita jawab dalam berorganisasi adalah penguasaan teknologi digital, dalam bentuk media sosial dan lain-lain. Sebagai alat dakwah masa kini dan masa depan," kata Ma'ruf dalam sambutannya, yang disiarkan melalui Youtube, Rabu (23/9/2020).

Ma'ruf mengatakan, dakwah melalui teknologi digital akan lebih efektif terutama bagi generasi milenial. Namun Ma'ruf menilai saat ini, NU masih belum banyak menggunakan metode dakwah dengan teknologi digital.

"Sistem dakwah melalui teknologi digital akan lebih efektif karena memungkinkan masyarakat untuk menyimak dakwah kapan saja anytime, di mana saja anywhere, dan waktunya pun lebih fleksibel, terutama untuk generasi milenial dan generasi Z," kata Ma'ruf.

"Meskipun sistem dakwah melalui teknologi digital dapat menjadi alternatif dakwah konvensional, tetapi saat ini NU masih terlalu sedikit dalam menggunakan metode dakwah dengan teknologi digital," sambungnya.

Ma'ruf juga mengingatkan, pentingnya membangun gerakan ekonomi warga NU. Menurutnya, saat ini belum adanya tindak lanjut secara program dan agenda riil dari keputusan yang diambil untuk gerakan ekonomi warga.

"Tantangan lainnya adalah pentingnya membangun gerakan ekonomi warga NU, karena sektor ekonomi warga ini belum optimal dijalankan secara organisatoris. Selama ini yang dilakukan NU baru sebatas pertemuan-pertemuan ijtima'at dan keputusan-keputusan organisatoris qaraaraat tentang pengembangan ekonomi. Namun keputusan-keputusan tersebut belum ditindaklanjuti secara program dan agenda yang lebih riil dalam bentuk gerakan ekonomi warga," kata Ma'ruf.

Terakhir, Ma'ruf menyebut tantangan selanjutnya berada pada pengembangan bidang pendidikan baik umum maupun pesantren. Lembaga pendidikan NU disebut perlu menyiapkan SDM yang berkualitas.

"Tantangan berikutnya adalah pengembangan bidang pendidikan baik diniyah maupun pendidikan umum, termasuk pesantren dan pendidikan tinggi. Selain untuk melakukan penguatan akidah dan syariah, Lembaga Pendidikan NU harus menyiapkan SDM yang berkualitas, menguasai teknologi, dan inovatif," pungkasnya.

Ma'ruf Amin Minta NU Tingkatkan Metode Dakwah Digital:

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/imk)