ADVERTISEMENT

Jokowi Minta PBB Berbenah, Lebih Responsif Selesaikan Tantangan Global

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 08:13 WIB
Presiden Jokowi saat berpidato di Sidang Umum PBB
Presiden Jokowi saat berpidato di Sidang Umum PBB. (Biro Pers Setpres)

Jokowi juga menyarankan PBB harus memperkuat sikap kepemimpinan global dalam hubungan antarnegara. Meski begitu, dia tidak lupa mengingatkan agar seluruh dunia turut berkontribusi untuk mewujudkan kesejahteraan dunia.

"Kedua kolektif global leadership harus diperkuat. Kita paham bahwa dalam hubungan antarnegara dalam hubungan internasional setiap negara selalu memperjuangkan kepentingan nasionalnya. Namun, jangan lupa kita semua memiliki tanggung jawab untuk kontribusi menjadi bagian dari solusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan dunia. Di sinilah dituntut peran PBB untuk memperkokoh kolektif global leadership, dunia membutuhkan spirit kolaborasi dan kepemimpinan global yang lebih kuat untuk mewujudkan dunia yang lebih baik," ungkapnya.

Lebih lanjut, Jokowi meminta seluruh dunia memperkuat kerja sama dalam penanganan COVID-19 terutama soal vaksin. Dia berharap semua negara mendapatkan akses vaksin yang aman dan terjangkau.

"Ketiga kerja sama dalam penanganan COVID-19 harus kita perkuat, baik dari sisi kesehatan maupun dampak sosial ekonominya, vaksin akan menjadi game changer dalam perang melawan pandemi. Kita harus bekerja sama untuk memastikan bahwa semua negara mendapatkan akses setara terhadap vaksin yang aman dan dengan harga terjangkau," tutur Jokowi.


(eva/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT