Banjir di Rawajati Jaksel Surut, Warga Mulai Kembali ke Rumah

Wilda Nufus - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 16:08 WIB
Banjir di Rawajati Jaksel Surut, Warga Bersihkan Rumah dari Lumpur
Warga membersihkan rumah dari lumpur sisa banjir. (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Banjir yang sempat menggenangi rumah warga di RT 03 dan RT 04 di RW 07, Rawajati, Jakarta Selatan, kini telah surut. Warga yang sempat mengungsi kini sudah kembali ke rumah masing-masing.

"Cepat surut ya. Subuh sudah surut, jadi sudah pada pulang," ujar Ketua RW 07 Rawajati, Sari, di Rawajati, Jakarta Selatan, Selasa (22/9/2020).

Sari menjelaskan air mulai masuk ke permukiman warga sekitar pukul 20.00 WIB pada Senin (21/9) malam. Saat itu, ketinggian air mencapai 50 sentimeter.

"Warga mulai ngungsi pukul 20.00 WIB sampai 00.00 WIB. Malam itu sudah pada ngungsi karena kan asumsi Pak Lurah akan tinggi-tinggi, jadi kita diminta seluruh warga untuk ngungsi. Ada trauma di bulan Januari yang karena ini siaga 1 akan setinggi seperti Januari," ucapnya.

Puskesmas 2 Rawajati, lokasi yang dijadikan warga untuk mengungsi saat banjirKetua RW 07 Rawajati, Jakarta Selatan, Sari (Wilda/detikcom)

Menurutnya, hanya ada 15 keluarga yang mengungsi saat banjir. Kebanyakan dari warga yang mengungsi itu lansia dan memiliki bayi. Mereka mengungsi di Puskesmas Rawajati 2.

"Ada kali, cuma 15 keluarga, ngungsi di parkiran puskesmas dikhususkan mereka kita sebut rumah dinas, tapi itu juga nggak banyak. Kita buat posko juga. Jadi 15 KK kalau yang punya bayi-bayi saja sama lansia," kata Sari.

Diberitakan sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memperbarui data mengenai informasi banjir hari ini. Saat ini, lokasi pengungsian tinggal 1 titik dan ada 15 orang yang masih mengungsi.

Satu lokasi pengungsian itu berada di Musala Riyadhul Saadah, Kembangan Utara, Jakarta Barat. Data tersebut diperbarui pukul 12.00 WIB.

"Pos pengungsian 1 lokasi, pengungsi 15 jiwa," ujar Kapusdatin BPBD DKI Jakarta M Insaf melalui keterangan tertulisnya, Selasa (22/9).

Simak juga video 'Banjir Kampung Melayu Surut, Warga Mulai Bebersih Rumah':

[Gambas:Video 20detik]



(man/man)